Polres Tanah Datar kerahkan 192 personel amankan mudik lebaran

id Polres Tanah Datar,Pengamanan Mudik Lebaran,Operasi Ketupat 2019

Polres Tanah Datar kerahkan 192 personel amankan mudik lebaran

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas memimpin apel operasi Ketupat 2019 Selasa, (28/5). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Polres Tanah Datar, Sumatera Barat, mengerahkan 192 personel untuk mengamankan proses lalulintas dan keamanan diwilayah hukumnya selama mudik dan balik lebaran 2019.

"Selain 192 personel dari Polri, juga dilibatkan TNI sebanyak 18 personel, Pol-PP 18 personel, Dishub 18 personel, dan tenaga Kesehatan sebanyak 18 petugas," Kata Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas di Batusangkar, Selasa.

Ia mengatakan para personel pengamanan lebaran yang tergabung ke dalam Operasi Ketupat tersebut akan ditempatkan di beberapa titik di wilayah hukum Polres Tanah Datar.

Yakni di posko-posko yang telah disiagakan pada titik-titik keramaian dan rawan kemacetan seperti pasar, tempat pembelanjaan, serta tempat- tempat wisata.

Diantaranya Pos Keamanan Pasar di Batusangkar, Pos Pelayanan di Sungai Tarab, Pos Pelayanan di Ombilin dan tiga pos pantau simpang asrama, simpang kiambang, dan simpang pincuran tujuh Batusangkar.

Selain menyiagakan personel di posko-posko tersebut pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa lokasi langganan macet.

Yakni di simpang empat Sungai Tarab, terus dari Payakumbuh-Bukittinggi belok kanan tembus di simpang Kiambang terus ke Padang Panjang-Solok, jika dari Padang Panjang buang ke kanan arah Ombilin, atau ke kiri arah ke Payakumbuh-Bukittinggi keluar Simpang Asrama.

"Sementara tirik rekayasa yang kita lakukan berada di Pasar Batusangkar, jalan raya Sungai Tarab KM 5, Simpang Ombilin KM 17, dan Istano Basa Pagaruyung KM 4," Katanya.

Selain itu pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas PU dan BPBD setempat untuk menyiagakan alat berat di lokasi yang dinilai rawan longsor. (*)