Pelayanan Puskesmas di Dharmasraya tidak tutup selama Lebaran

id Pelayanan Puskesmas,Dinas Kesehatan Dharmasraya

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Rahmadian. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), memastikan pelayanan pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di daerah iru berjalan normal selama Lebaran atau Idul Fitri 1440 Hijriyah.

“Pelayanan di 14 Puskesmas tetap seperti biasa, tidak tutup. IGD juga akan buka selama 24 jam,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dharmasraya, Rahmadian di Pulau Punjung, Selasa.

Ia mengatakan warga tidak perlu khawatir Puskesmas tutup selama libur labaran, karena sudah ada petugas kesehatan yang nanti kerja berdasarkan shif atau bergantian.

Ia menjelaskan Puskesmas yang buka 24 jam tersebut juga akan melayani pasien yang harus dirawat inap, sehingga apabila ada masyarakat yang sakit, atau kecelakaan pada saat mudik Idul Fitri, bisa segera mendapat pertolongan.

Sementara untuk petugas di posko mudik lembaran, kata dia, Dinas Kesehatan akan menempatkan satu dokter, dua paramedis, dan satu unit ambulans yang akan siaga 24 jam.

Tim medis yang berjaga secara bergantian ditempatkan di posko pengamanan Sungai Rumbai, Kecamatan Sungai Rumbai, dan Simpang Silago, Kecamatan Pulau Punjung, lanjut dia.

Ia mengatakan petugas kesehatan akan melayani pemudik untuk pengecekan kesehatan dasar hingga tes urine, dan pelayanan kesehatan lainnya. Tim medis mulai disiagakan dari 29 Mei hingga 12 Juni.

"Kami berharap pemudik dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang sudah disediakan, kami menyatakan siap melayani masyarakat 24 jam," tambah dia.

Ia menambahkan terdapat tiga puskesmas berada di jalan Lintas Sumatera yang dapat disinggahi pemudik selain posko kesehatan, seperti di Puskesmas Sungai Rumbai, Puskesmas Sungai Dareh, Puskesmas Sialang, dan RSUD Sungai Dareh.

"Selain petugas yang berjaga di posko kesehatan, pemudik juga dapat memanfaatkan pelayanan di Puskesmas sepanjang jalan nasional," tambah dia.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar