Solok Selatan tingkatkan kebersihan destinasi wisata selama Lebaran

id destinasi wisata solok selatan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Harry Trisna (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, bakal meningkatkan kebersihan dan menyediakan bak sampah di lokasi destinasi wisata selama libur lebaran.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan mereka berkomitmen serta siap memberdayakan petugas kebersihan dilokasi wisata baik yang dikelola Pemkab maupun oleh masyarakat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Harry Trisna, di Padang Aro, Senin.

Selain itu, katanya, pihaknya juga akan meningkatkan keamanan serta kenyamanan pengunjung supaya saat libur lebaran nanti banyak wisatawan yang datang.

Sebagai contoh katanya, kolam besar di Hot waterboom tidak akan diaktifkan sebab bisa berbahaya karena pengunjung kebanyakan anak-anak.

Selanjutnya pihaknya juga akan mengantisipasi pemalak wisatawan oleh pedagang maupun masyarakat sekitar.

"Kami akan membuat surat edaran agar tidak ada yang memalak wisatawan saat berlibur," ujarnya.

Saat ini destinasi wisata yang dikelola oleh kelompok masyarakat sudah memulai promosi dengan membuat selebaran dan sisebar di media sosial.

"Kami mendorong pengelola wisata membuat promosi sendiri semenarik mungkin sehingga banyak wisatawan datang berkunjung," katanya.

Dengan demikian katanya, pengelola destinasi wisata berkreasi sendiri membuat promosi semenarik mungkin untuk menarik minat wisatawan.

"Kami nanti juga akan mengupayakan membuat baliho di Padang dan diharapkan bisa meningkatkan kunjungan," katanya.

Sebelumnya Kepolisian Resor Solok Selatan, akan menerjunkan 280 personel terdiri dari polisi 180 orang dibantu TNI 60 orang, dan dari pemerintah setempat 40 orang untuk mengamankan arus mudik dan libur Lebaran 1440 Hijriah.

"Personel ini bersifat tentatif, sebab mereka akan dipindahkan ke lokasi wisata saat libur lebaran guna pengamanan serta menjaga Poskotis," kata Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto.

Ia mengatakan, saat arus mudik petugas fokus di pos pengamanan, dan mereka akan dipindahkan ke lokasi wisata yang ramai pengunjung untuk menjaga keamanan serta kamtibmas.

Untuk mengamankan arus mudik lebaran pihaknya mendirikan tiga Pos Komando Taktis (Poskotis) di Taman Muaralabuh, Padang Aro dan Simpang Lubuk Malako. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar