Sejumlah komunitas di Sumbar buber dengan 1.000 anak yatim piatu

id Buka Bersama,Komunitas Sumbar

Sejumlah komunitas di Sumbar buber dengan 1.000 anak yatim piatu

Komunitas Dunsanak Yatim bersama sejumlah komunitas lainnya menggelar buka bersama dan menyantuni 1000 anak yatim di bulan Ramadhan 1440 Hijriah di Masjid Raya Sumbar. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Padang (ANTARA) - Komunitas Dunsanak Yatim bersama sejumlah komunitas lainnya menggelar buka bersama dan menyantuni 1000 anak yatim di bulan Ramadhan 1440 Hijriah di Masjid Raya Sumbar, Kota Padang.

"Beberapa komunitas tersebut di antaranya Mercedes Banz Clup, Indonesia Marketing Asosiasi (IMA), Forum Oto Ranah Minang (FORM), Bengkuang Online Comunity (BOC) dan Tanah Ombak, dan Fairytale Wedding Project," kata ketua panitia pelaksana buka bersama anak yatim Edo Prasetyo Pratama di Padang, Senin.

Ia menyebutkan buka bersama dan pemberian santunan ini tidak untuk anak panti asuhan saja, akan tetapi untuk seluruh anak yatim yang sudah ditinggal ayah atau ibu mereka.

"60 persen dari panti asuhan dan selebihnya anak yatim yang tinggal di rumah orang tuanya," ujarnya.

Mereka dijemput ke lokasi masing-masing dengan mobil yang sudah disiapkan oleh panitia dan setelah berbuka mereka diantarkan pulang.

"Mobil yang sudah disediakan berasal dari beberapa komunitas yang ikut bergabung dan beberapa mobil pariwisata," sambungnya.

Edo mengungkapkan kegiatan sosial tersebut baru pertama kali diadakan. Sebelumnya hanya berupa kunjungan ke panti asuhan, menyediakan bantuan beasiswa untuk anak yatim, menyediakan bantuan berobat dan lain sebagainya.

"Sebetulnya kegiatan ini sudah direncanakan sejak dua tahun lalu, namun baru terealisasikan di tahun ini," sambungnya.

Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk berbagi, memberikan keringan bagi anak-anak yatim, dan menunjukan kepedulian kita terhadap mereka, katanya.

Ia mengapresiasi kekompakan para komunitas yang telah berpartisipasi penuh dalam kegiatan tersebut karena dalam waktu delapan hari mereka mampu mengumpulkan 1.300 nasi yang dimulai pada tanggal 16 Mei dan dilaksanakan pada 26 Mei, katanya.

Selain buka bersama mereka juga memberikan santunan untuk anak yatim.

Kegiatannya terdiri dari foto bersama, penampilan bakat dari komunitas tanah ombak, motivasi untuk anak yatim, doa, dan dilanjutkan dengan buka bersama.

Harapannya semoga kegiatan buka bersama 1.000 anak yatim terus berlanjut di Ramadhan berikutnya dengan jumlah yang bertambah sekitar 5.000 anak yatim, katanya.

"Selain itu semoga kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari pemerintah, sehingga lebih meriah dan dipermudah," sambungnya.