Pasaman Barat Intensifkan Uji Kendaraan Jelang Lebaran

id Uji kir

Pasaman Barat Intensifkan Uji Kendaraan Jelang Lebaran

Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat, Edison Zalmi melihat kendaraan yang sedang melakukan uji kelayakan kendaraan atau uji kir jelang lebaran. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) intensifkan uji kelaikkan kendaraan atau uji kir kendaraan angkutan barang dan orang jelang lebaran 1440 hijriah.

"Kita akan ajak pemilik kendaraan agar melakukan uji kir dengan harapan bisa mengurangi terjadi kecelakaan lalu-lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat, Edison Zalmi di Simpang Empat, Minggu (26/5).

Ia mengatakan sejak awal tahun hingga saat ini pihaknya sudah berhasil melakukan uji kir terhadap 1.024 unit kendaraan di Pasaman Barat.

"Tentu kita menginginkan kendaraan yang ada di Pasaman Barat dapat melakukan uji kir untuk melihat kelayakan kendaraan," kataya.

Menurutnya jumlah kendaraan yang melakukan uji kir jelang lebaran ini sedikit meningkat dari biasanya.

Sebagian besar kendaraan itu merupakan perpanjangan kir angkutan orang dan barang.

Selama pengujian tim sangat teliti sebelum menyatakan kendaraan itu lulus kir.

Peningkatan jumlah kendaraan menguji kir itu, katanya juga dampak dari penindakan yang dilakukan Dinas Perhubungan bersama Satuan Lalu-Lintas Polres setempat beberapa waktu lalu.

"Kita memprediksi jumlah kendaraan yang akan menguji kir akan terus naik. Terutama angkutan lebaran dan angkutan barang berupa kebutuhan pokok dan mobil angkutan tandan buah segar kelapa sawit," sebutnya.

Ia meminta seluruh masyarakat yang memilik angkutan barang atau orang agar rutin melakukan uji kir sehingga aman saat berkendara.

Disisi lain penumpang angkutan barang diminta teliti memilih angkutan saat berpergian.

"Jika pada kendaraan tidak ada keterangan lulus kir secara otomatis kendaraan itu tidak laik jalan," tegasnya.*