Kemendag RI tinjau kesiapan pambangunan Pasar Atas Batusangkar

id Tanah Datar

Kemendag RI tinjau kesiapan pambangunan Pasar Atas Batusangkar

Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar, Marwan (Antara Sumbar/Etri Saputra) (ANTARA SUMBAR/ Etri Saputra)

Tanah Datar, (ANTARA) - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) meninjau pasar Batusangkar Tanah Datar, Sumatera Barat untuk melihat kesiapan rencana pemerintah setempat membangun Pasar Atas Batusangkar.

Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Marwan di Batusangkar, Minggu mengatakan dalam kunjungan tersebut Kemendag meminta Pemkab Tanah Datar harus membentuk Detail Engineering Design (DED) yang kemudian akan di sampaikan di Kementerian di Jakarta.

Peninjauan tersebut diwakili oleh Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Sihard Hadjopan Pohan didampingi Kasi Pengawas Sarana Distribusi, Kemendag RI.

Menurutnya dengan adanya DED akan tergambar apakah dana yang diserahkan Presiden Joko Widodo sebesar Rp50 miliar dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Maret lalu cukup atau berlebih," kata Marwan.

Ia mengatakan selain menyiapkan DED, Pemkab Tanah Datar juga diminta menyiapkan tempat relokasi sementara pedagang dan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

"Jika DED dan Amdal ini tidak ada, maka pembangunan fisik pasar atas Batusangkar tahun depan dapat dikerjakan," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam perencanaannya Pasar Atas Batusangkar akan dibangun tiga lantai, pada lantai dasar sebagai lokasi parkir karena selama ini parkir menggunakan badan jalan yang berada di depan pasar sehingga menyebabkan kemacetan.

Kemudian untuk lantai dua akan ditempati oleh pedagang pasar seiring dengan penambahan kios dari 88 menjadi 150 sampai 200 kios sehingga diharapkan tidak ada pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya.

"Karena saat ini kapasitas pasar hanya menampung 282 pedagang, dan akan bertambah menjadi 400 pedagang seiring bertambahnya los dan kios yang dibangun tersebut," ujarnya.

Sementara untuk lantai tiga akan diisi oleh kantor pasar, seperti pelayanan umum seperti pelayanan jaksa masuk pasar, pelayanan kesehatan, Satpol PP, dan pusat kuliner khas Tanah Datar.