Wakapolres Agam ajak warga binaan manfaatkan Ramadhan untuk beribadah

id Polres Agam,Pesantren Ramadhan,Lapas Lubuk Basung

Wakapolres Agam ajak warga binaan manfaatkan Ramadhan untuk beribadah

Wakil Kepala Polres Agam Kompol Nasir sedang memberikan arahan kepada warga binaan Lapas Klas II B Lubukbasung, Jumat (24/5). (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Wakil Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat Kompol Nasir mengajak warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Lubukbasung agar memanfaatkan Ramadhan untuk beribadah dan menjalin silaturahmi dengan sesama penghuni Lapas.

"Lakukan shalat sunat, shalat wajib, tadarus dan meningkatkan hubungan sesama penghuni Lapas pada momen Ramadhan ini," katanya saat Pesantren Ramadhan di Masjid At Taubah Kompleks Lapas, Jumat.

Ia mengatakan Ramadhan ini momen untuk meminta ampun dalam menghapus semua kesalahan yang telah dilakukan.

Untuk itu manfaatkan waktu selama satu bulan ini dalam perbaiki diri untuk beribadah.

"Saudara belum terlambat untuk memperbaiki diri untuk lebih baik setelah melakukan kesalahan, karena mereka belum terlambat dalam memperbaikan diri," tegasnya.

Sementara Kepala Lapas Klas II B Lubukbasung, S Hendra Budiman berharapan dengan pesantren Ramadhan ini terjadi perubahan prilaku dari warga binaan ke lebih baik.

"Kita berusaha untuk mengembalikan jati diri mereka sehingga tidak akan mengulangi perbuatan setelah menjalankan masa hukuman," katanya.

Pesantren Ramadhan ini digelar selama satu bulan dan pelaksanaan setiap Rabu, Kamis dan Jumat.

Pada malam juga melaksanakan Shalat Tarwih dan ceramah agama. Materi selama pesantren Ramadhan itu tentang keagamaan seperti, hiqih shaum, aqidah islamiah, fiqih dakwah dan prakteknya.

Selain itu tahsin atau tilawah Al Quran, fiqih thaharah, fiqih sholat fardu dan sunah, bahaya narkoba dari aspek hukum dan lainnya.

"Narasumber pada kegiatan itu berasal dari Kementerian Agama Agam, Polres Agam dan lainnya," katanya. (*)