Warga Temanggung bangun rumah benda cagar budaya

id benda cagar budaya,situs candisari,candisari temanggung

Sejumlah komponen batuan candi tersimpan di rumah benda cagar budaya di Desa Candisari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. (ANTARA/Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - Warga Desa Candisari, Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, membangun satu rumah untuk menampung benda-benda cagar budaya dengan bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten.

"Agar benda-benda temuan tersebut tidak hilang maka kami buatkan shelter(naungan) ini untuk menampungnya," kataKepala Desa Candisari Ceper Tarwidi di Temanggung, Kamis.

Ia mengatakan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah melakukan ekskavasi warga sering menemukan komponen batuan candi di sekitar lokasi yang diduga bangunan candi.

"Banyak ditemukan batu-batu denganrelief, paling menonjol adalah temuan kepala arca yang sekarang sudah di Kantor BPCB di Prambanan," katanya.

Selain itu, ia menuturkan, satu kepala arca pernah hilang puluhan tahun sampai akhirnya ditemukan di Yogyakarta dan kemudian disimpan BPCB Jawa Tengahdi Prambanan.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Candisari dari BPCB Jawa Tengah, Junawan, menilai tingkat kepedulian warga Candisari terhadap benda cagar budaya cukup tinggi.

"Kepedulian tersebut suatuapresiasi yang kami anggap positif dari pemerintah desa," katanya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar