Stok darah di RSUD Solok Selatan habis, keluarga pasien cari darah sendiri

id Donor Darah,Stok Darah Habis,RSUD Solok Selatan,Darah Pengganti

Stok darah di RSUD Solok Selatan habis, keluarga pasien cari darah sendiri

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/wsj

Padang Aro (ANTARA) - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Solok Selatan, Sumatera Barat, Ila Gusmawati, mengatakan kekosongan stok darah di rumah sakit itu diperkirakan berlangsung hingga Lebaran tahun ini.

"Pelaksanaan donor darah akan dilaksanakan usai lebaran hasil kerja sama dengan PT Supreme Energy dan PT KSI. Sedangkan selama Ramadhan tidak ada jadwal donor," katanya, di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, apabila ada masyarakat yang membutuhkan darah saat ini mereka harus mencari sendiri donor penggantinya sebab di kulkas penyimpanan sudah kosong.

Hal ini merupakan permasalahan berkelanjutan karena masyarakat di Solok Selatan masih takut untuk menjadi pendonor.

Sebagai contoh, kata dia, saat melakukan donor di sekolah tidak ada yang mau dan mereka takut jadi pendonor padahal kalau dilakukan secara rutin baik bagi kesehatan.

Dia menambahkan, untuk kulkas penyimpanan sudah ada dua unit tetapi darah yang akan disimpan itu yang selalu kurang bahkan tidak ada.

Sedangkan untuk pendonor rutin di Solok Selatan saat ini tercatat sebanyak 50 orang.

Sekretaris PMI Solok Selatan Oriza berharap masyarakat mau mendonorkan darahnya dan tidak perlu takut untuk menjadi pendonor.

"Kami berharap masyarakat Solok Selatan bisa menjadi pendonor rutin karena selain baik bagi kesehatan juga bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan," ujarnya.

Salah seorang pengguna media sosial harus mengumumkan di akun miliknya untuk mencari pendonor bagi anaknya yang membutuhkan.

Salah seorang pengguna media sosial atas nama Deka Yon Martos Martos menulis ia memohon pada warganet untuk sumbangan darah golongan O bagi anaknya yang di rawat di RSUD Muaralabuh.