Gubernur Sumbar ucapkan selamat kepada presiden terpilih dan legislatif

id Irwan Prayitno

Gubernur Sumbar ucapkan selamat kepada presiden terpilih dan legislatif

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Padang, (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengucapkan selamat kepada seluruh kontestan yang terpilih pada Pemilu 2019 mulai dari Presiden, DPD dan DPR dari pusat hingga daerah.

"Sebagai pemerintah daerah, saya mengucapkan selamat kepada seluruh calon yang terpilih, baik presiden maupun legislatif," katanya di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan hal itu terkait telah diumumkannya perolehan hasil suara secara nasional oleh KPU RI pada Selasa dini hari.

Data KPU jumlah suara yang masuk untuk Pemilu Presiden 2019 adalah 154.257.601. Sebanyak 85.607.362 suara atau mencapai 55,5 persen diperoleh oleh pasangan calon Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, sementara sisanya 44,5 persen diperoleh pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Bersamaan dengan itu perolehan suara untuk partai politik dan calon legislatif yang berhasil duduk sebagai wakil rakyat juga telah diumumkan.

Irwan menyebut kalau masih ada yang merasa kurang puas dengan hasil yang diumumkan KPU, ada saluran yang bisa digunakan sesuai konstitusi yaitu melalui MK.

Terkait adanya unjuk rasa untuk memprotes hasil pemilu, menurutnya sah-sah saja, tetapi ada mekanisme dan aturan sesuai perundang-undangan yang harus diikuti. Diantaranya harus melaporkan ke polisi dimana, kapan waktu, jumlah dan maksud tujuan unjuk rasa.

"Yang dilarang itu anarkis. Ikuti aturan," katanya.

Khusus di Sumbar, proses rekapitulasi dari TPS ke kecamatan, kota/kabupaten hingga provinsi relatif aman dan lancar. Kalaupun ada kecurangan sudah diproses pada saat rapat di jenjang tersebut.

Orang nomor satu di Sumbar itu juga mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat dalam mengikuti pesta demokrasi pada 17 April 2019.

"Rakyat telah ikut memilih dengan pilihannya masing-masing, walaupun tidak selalu yang dipilih itu menang," ujarnya. (*)