Pastikan berjalan sesuai aturan, Wako blusukan cek infrastruktur

id Riza Falepi,Wali Kota Payakumbuh,Riza Falepi Blusukan

Pastikan berjalan sesuai aturan, Wako blusukan cek infrastruktur

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi langsung turun ke lapangan untuk memastikan pembangunan infrastruktur di Kota Payakumbuh berjalan dengan baik (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi langsung turun ke lapangan untuk memastikan pembangunan infrastruktur di Kota Payakumbuh berjalan dengan baik.

"Kita meninjau pembangunan sejumlah infrastruktur yang sedang berjalan di Kota Payakumbuh agar terealisasi dengan baik," kata Riza Falepi di Payakumbuh, Selasa.

Titik pertama yang dikunjungi adalah Jalan Lingkar Selatan yang akan menjadi jalur alternatif bagi para pemudik.

Riza menemukan tiga titik jalan yang memiliki kondisi yang kurang bagus dan menginstruksikan agar jalan tersebut ditimbun dengan pasir dan kerikil.

“Ini sifatnya kami membantu karena mau lebaran juga karena ini jalan provinsi, kami secara swadaya saja menimbun titik-titik yang kondisinya kurang baik,” ujarnya.

Kemudian, Riza melanjutkan blusukannya ke Kelurahan Limbukan, Payakumbuh Selatan meninjau lahan yang akan dijadikan sebagai tempat pembangunan reservoir Perumda Tirta Sago (PDAM).

“Reservoir ini direncanakan untuk menampung air dari Embung Batang Dareh Bulakan,” ucapnya.

Titik selanjutnya wali kota meninjau Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Tanjung Pauh, Payakumbuh Barat.

SPAM tersebut sudah digunakan oleh Perumda Tirta Sago (PDAM Payakumbuh,red) untuk menambah pasokan air minum di Kota Payakumbuh.

SPAM yang berdekatan dengan pembangunan Normalisasi Batang Agam, kemudian Riza pun sekalian meninjau pembangunan mega proyek multiyears itu.

“Harus dibuat skenario dan rekayasa agar kendaraan proyek yang lewat sesuai dengan jalan diarahkan, jangan sampai lewat jalan yang sudah kita aspal yang membuat jalannya justru rusak lagi,” ucapnya.

Blusukannya berakhir di kawasan Kampung Rendang, Jalan Tan Malaka, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari.

Untuk menghindari banjir di jalan tersebut terutama ketika curah hujan tinggi, Riza menginstruksikan agar dilakukan pembangunan drainase.

“Sekalian jalan Tan Malaka ini akan kita perlebar nantinya. Dulunya ini jalan provinsi, sekarang sudah jadi jalan kota sehingga bisa dianggarkan pelebarannya tahun depan,” katanya.