Pemkot Payakumbuh tingkatkan beasiswa untuk masyarakat kurang mampu

id Riza falepi,Beasiswa pendidikan

Pemkot Payakumbuh tingkatkan beasiswa untuk masyarakat kurang mampu

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi (ANTARA SUMBAR/istimewa).

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh akan meningkatkan jumlah beasiswa bagi masyarakat kurang mampu secara berkelanjutan untuk menyelesaikan biaya pendidikan siswa secara penuh.

"Selama ini sebenarnya sudah ada bantuan pendidikan kepada pelajar tak mampu berupa penyaluran dana tunai seperti CSR BUMN/BUMD, Baznas dan seterusnya namun masih bersifat stimulan," kata Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh Agustion di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan pemerintah setempat ingin adanya beasiswa yang berkelanjutan untuk menyelesaikan biaya pendidikan siswa secara penuh sehingga pendidikan di Payakumbuh semakin berkualitas.

Ia mengatakan beasiswa diberikan karena masih banyak anak dari keluarga yang kurang mampu namun tidak mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Kami dari Dinas Pendidikan tentu sangat menyambut baik gagasan kepala daerah untuk memberikan beasiswa untuk SD, SMP, hingga mahasiswa, paling lambat terealisasi 2020," tuturnya.

"Kami sudah studi banding ke Pemda Riau dan Pemda Tanah Datar. Kami ingin agar setiap warga yang tidak mampu bisa melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi," ujar Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi.

Ia menyampaikan Pemko ingin memastikan masyarakat tak mampu juga bisa merasakan anaknya sebagai pemutus rantai kemiskinan.

"Anak mereka dibantu untuk sekolah atau kuliah ke jenjang perguruan tinggi sehingga diharapkan anak tersebut bisa mendapatkan pekerjaan ataupun usaha yang layak serta menyelesaikan masalah kemiskinan keluarganya," katanya.

Selain itu, imbuhnya rencana pemberian beasiswa ini juga merupakan arahan dari Presiden RI pada Musrenbangnas 2019 di Shangri La Hotel Jakarta, Kamis lalu.

"Pada intinya presiden ingin pemda juga fokus pada pengembangan SDM. Kami akan mulai secara bertahap," ucapnya. (*)