Selalu sepi, Payakumbuh akan ubah Pasar Padang Kaduduak menjadi pasar wisata

id Pasar Padang Kaduduak

Kepala Dinas Koperas dan Usaha Kecil menengah (UKM), Herlina. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh akan mengubah wajah Pasar Padang Kaduduak menjadi pasar wisata agar aktivitas perdagangan di pasar tersebut menggeliat.

"Ini cara kami agar warga mau datang untuk meramaikan pasar tidak sepi lagi, kita bangun nanti spot menarik untuk warga berkumpul," ujar Kepala Dinas Koperas dan Usaha Kecil menengah (UKM), Herlina di Payakumbuh, Kamis.

Ia mengatakan di pasar tersebut akan dibangun tanaman hias, fasilitas olahrga dan melengkapi fasilitas sentra rendang yang sudah ada saat ini.

"Jadi di sana akan menjadi pasar terpadu, sehingga disamping masyarakat pergi olahraga juga bisa berbelanja," ujarnya.

Saat ini kios Pasar Padang Kaduduak Kota Payakumbuh sudah terisi penuh namun sayangnya tidak banyak yang bertahan lama untuk berdagang karena sepinya pengunjung.

"Mungkin kita butuh pedagang yang tangguh juga untuk meramaikan pasar yang mampu menarik warga untuk datang dan mampu bertahan," ujarnya.

Herlina juga telah mengultimatum para pedagang yang tidak lagi mampu untuk berdagang kiosnya akan dialihkan kepada pedagang lainnya.

"Padahal sampai saat ini kiosnya masih gratis seharusnya mereka mampu membuat usaha yang bagus disana, jadi pasar tidak hidup mati," katanya.

Selain itu alternatif lain untuk meramaikan pasar kata Herlina akan membawa hasil produksi Usaha Kecil Menengah (UKM) Payakumbuh ke pasar tersebut.

"Kita akan coba semua alternatif selain membangun kantor pemerintahan disana, juga akan disediakan tempat untuk pecinta tanaman hias dan UKM untuk memajang hasil produksinya disana," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar