Bupati Solok sebut peran niniak mamak hindarkan LGBT

id LGBT,Solok,Safari Ramadhan

Bupati Solok, Gusmal saat menyerahkan bantuan kepada pengurus Mushala Rawang Lambah. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok   (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera Barat, menyebutkan peran dan bimbingan niniak mamak di daerah dapat menghindarkan generasi muda dari Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT), pergaualan bebas atau penyalahgunaan narkoba.

"Kami berharap peranan aktif niniak mamak, alim ulama serta orang tua sangat diperlukan untuk membentuk karakter generasi muda agar terhindar dari perilaku yang menyimpang seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan LGBT," kata Bupati Solok diwakili Sekretaris Dewan DPRD setempat, Suharmen saat tim safari Ramadhan, Selasa (14/5) malam.

Suharmen mengimbau agar setiap orang tua mengajak dan mendidik anaknya agar selalu beribadah dan berkegiatan ke masjid sehingga membina iman dan taqwa si anak sehingga terhindar dari perilaku negatif.

Menurutnya, peran niniak mamak sangat penting dalam membentuk karakter kemenakan sehingga tidak salah pergaulan

Selain itu, ia berharap tim Ramadhan Kabupaten Solok selain menjalin silaturahmi juga mengingatkan agar masyarakat senantiasa memaksimalkan ibadah selama Ramadhan.

Selain itu, tim Ramadhan juga dimaksudkan untuk menerima saran dan aspirasi dari masyarakat baik yang menyangkut penyelenggaran pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat guna mengetahui dan mendengarkan secara langsung persoalan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Tim Ramadhan juga diharapkan melakukan pengenalan program pemerintah pada masyarakat yaitu empat pilar pembangunan pendidikan, ekonomi kerakyatan, kesehatan, penyelenggaraan pemerintahan yg baik dan bersih serta program sekolah umum berbasis pesantren.

Ia berharap masyarakat menjadikan momentum di bulan Ramadhan untuk meningkatkan ibadah, amalan wajib dan sunnah serta menjauhi segala perbuatan yang dapat merusak dan membatalkan ibadah puasa.

Pada kesempatan tersebut, tim juga memberikan bantuan satu buah jam digital dan uang Rp10 juta untuk kemashalatan masjid.

Sementara Wali Nagari Koto Gadang Guguak, Adri menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim Safari Ramadhan Kabupaten Solok ke Surau Rawang Lambah, Jorong Balai Dama, Nagari Koto Gadang Guguak.

Pihaknya menyebutkan surau rawang ini masih terbengkalai pembangunannya untuk itu Ia meminta kedatangan tim ramadhan dapat memberikan bantuan untuk kelanjutan pembangunan masjid tersebut.

Dalam rangka ikut menyukseskan program pemerintah daerah tentang Magrib Mengaji dan Subuh Berjamaah, pihaknya di mushala Rawang Lambah sudah melaksanakan program tersebut secara aktif. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar