Baznas Padang salurkan paket belanja Ramadan senilai Rp4,5 miliar

id Baznas Padang

Baznas Padang salurkan paket belanja Ramadan senilai Rp4,5 miliar

Ketua Baznas Kota Padang Epi santoso (lima dari kanan) memberikan paket belanja senilai Rp4,5 miliar bagi masyarakat miskin secara simbolis kepada Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa (tiga dari kiri) saat pembukaan Bazar Murah Ramadhan di Masjid Agung Nurul Iman, Rabu (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, Sumatera Barat menyalurkan paket belanja senilai Rp4,5 miliar yang dapat ditukarkan di Bazar Ramadhan di Masjid Agung Nurul Iman untuk 30 ribu kepala keluarga di daerah tersebut.

Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso mengatakan pada tahun ini pihaknya mengajak para donatur serta menggunakan dana zakat untuk membantu masyarakat miskin di kota tersebut melalui kupon belanja senilai Rp150 ribu untuk satu kepala keluarga.

Ia mengatakan pemberian kupon belanja ini dilakukan karena pengalaman dua tahun yang lalu Baznas memberikan bantuan dalam bentuk paket namun tidak semua kepala keluarga memiliki kebutuhan yang sama dan pihaknya berinisiatif memberikan dalam bentuk kupon belanja.

“Kupon ini dapat dibagi enam dan masing-masing bernilai Rp25 ribu dan masyarakat dapat menggunakan untuk memenuhi kebutuhannya di bulan Ramadhan,” kata dia.

Ia menjelaskan masyarakat yang menerima kupon ini dipilih sesuai dengan data yang didapatkan dari Dinas Sosial Kota Padang. Ada sebanyak 36 ribu kepala keluarga miskin dan tahun ini yang dapat dibantu hanya 30 ribu dan sisanya 6.000 kepala keluarga belum dapat dipenuhi tahun ini.

Dalam penyalurannya, pihak Baznas Kota Padang menggandeng pengurus masjid dan mushala yang ada di kotas tersebut. Menurut dia pengurus masjid dan mushala tentu mengetahui mana masyarakat yang memiliki kondisi ekonomi yang kurang.

“Semoga tahun depan kita dapat memberikan kepada seluruh keluarga miskin di kota ini,” kata dia

Ia mengatakan pada Ramadhan 1440 Hijriah ini pihaknya menargetkan mengumpulkan zakat sebesar Rp5,4 miliar yang berasal dari gaji dan THR ASN senilai Rp2,4 miliar dan pihak ketiga sebesar Rp3 miliar.

“Sejauh ini dana zakat yang terkumpul sebesar Rp1,2 miliar dan kita optimistis dapat merealisasikannya,” kata dia.

Sementara Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menngucapkan terima kasih kepada pihak yang menyelenggarakan bazar murah ini mulai dari Baznas Kota Padang, Gubernur, Bank Indonesia dan lainnya.

Menurut dia kehadiran pasar murah ini akan meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya baik di bulan Ramadhan maupun lebaran Idul Fitri nantinya.

“Selain itu bazar murah ini dapat mengendalikan tingkat inflasi di Kota Padang,” kata dia.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar