Semen Padang dapat lampu hijau bermarkas di Stadion Haji Agus Salim

id Semen Padang,Kabau sirah, liga 1, pemkot padang

Semen Padang (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat mendukung penuh kesebelasan Semen Padang bermarkas di Stadion Haji Agus Salim, namun terlebih dahulu harus memenuhi standar yang diminta oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang Al Amin di Padang, Selasa mengatakan pihaknya berupaya memperbaiki stadion sesuai dengan standar yang ditentukan termasukoleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisiLiga 1 musim 2019.

Ia mencontohkan untuk lampu stadion, menurut dia BOPI merekomendasikan agar pencahayaan lampu stadion harus ditingkatkan dan itu dilakukan oleh Pemkot Padang.

Al Amin menjelaskan lampu stadion yang dulunya dibangun untuk pelaksanaan MTQ ke-13 dan saat ini masih dalam masa garansi. Jika ada bola lampu yang putus atau rusak maka akan diganti.

“Kita telah berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk segera memperbaiki lampu tersebut dan kita sudah tinjau kondisi lampu tersebut dan pihak ketiga bersedia mengganti bola lampu,” kata dia menambahkan.

Selain itu, Semen Padang beberapa waktu lalu mengirimkan surat yang menyatakan ingin berpartisipasi untuk ikut serta memperbaiki lampu tersebut.

“Kami tentu memperbolehkan karena tujuannya untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan sehingga Semen Padang dapat berlaga di Liga 1 2019,” katanya.

Beberapa fasilitas yang telah diperbaiki Pemkot Padang berupa perbaikan ruang ganti sesuai dengan standar liga, perbaikan pintu masuk stadion dan selanjutnya akan dilakukan pengecatan tribun.

Menurut dia, tidak benar pemkot ingin menghalangi Semen Padang berlaga di Liga 1 2019 dengan memperlambat perbaikan Stadion Haji Agus Salim.

“Tidak benar itu, masa kita menghambat orang ingin berkunjung ke Kota Padang dan memperkenalkan kota ini melalui sepak bola. Kita mendukung sepenuhnya Semen Padang bermarkasdi Stadion Haji Agus Salim pada Liga 1 2019,” kata dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Rinold Thamrin mengatakan BOPI merekomendasikan pencahayaan Stadion Haji Agus Salim, Kota Padang Sumatera Barat harus ditingkatkan sebagai syarat agar lolos verifikasi sebagai kandang tim Semen Padang di Liga 1 2019.

“Untuk persyaratan Stadion Haji Agus Salim telah melewati batas minimal namun kendala kita adalah masalah pencahayaan yang masih kurang,” kata dia.

Menurut dia, kekuatan pencahayaan yang diinginkan tim verifikasi batas minimal adalah 800 LUX namun untuk kemampuan Stadion Haji Agus Salim saat ini berada di angka 521 LUX dan ada kekurangan sekitar 279 LUX.

“Kita akan menyampaikan bentuk protes kepada Dispora Kota Padang yang berjanji akan memenuhi kebutuhan pencahayaan sesuai standar yang ditentukan,” kata dia.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar