Sebelumnya Rp100 ribu/kg, kini harga bawang putih di Payakumbuh Rp35.000/kg

id bawang putih,harga bawang putih,operasi pasar bawang putih

Penjual Bawang Putih di Pasar Ibuh Payakumbuh (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

Payakumbuh (ANTARA) - Harga bawang putih di Kota Payakumbuh turun setelah sempat naik hingga Rp100 ribu/kg.

"Sekarang harga bawang putih kita jual Rp35.000 hingga R40.000/kg," kata Pedagang Bawang Putih di Pasar Ibuh Payakumbuh, Putra di Pasar Ibuh, Senin.

Penurunan harga bawang putih setelah Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga bawang putih di daerah itu pada Sabtu kemaren.

"Untuk mengantisipasi inflasi bawang putih kita pantau terus harga bawang putih, jika naik kita lakukan lagi operasi pasar," kata Asisten II Setdako Payakumbuh Elzadaswarman di Payakumbuh, Senin.

Elzadaswarman mengatakan dari survei di lapangan harga bawang putih di Payakumbuh sebelumnya menyentuh harga Rp100 ribu/kg dan kini telah turun menjadi Rp35 ribu/kg.

"Setelah Operasi Pasar di Pasar Ibuh Barat, Sabtu, kini harga bawang putih telah stabil sudah Rp35 ribu/kg," ujarnya.

Harga tersebut, katanya sudah merupakan harga yang normal dan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

“Dengan Operasi Pasar bawang putih ini, Pemko bersama pedagang membuat komitmen agar harga bawang putih tidak melebihi harga Rp40 ribu/kg,” ujarnya.

Menurut salah seorang pedagang di Pasar Ibuh, Hendra harga bawang putih Rp35 ribu/kg masih tergolong tinggi dibandingkan pada hari biasa yakni kisaran Rp12 ribu/kg.

"Ini memang karena pemintaan tinggi pada awal ramadan maka harga naik dan stok waktu itu masih sedikit sekarang stok kembali banyak," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar