Dilantik hari ini, Mahyeldi-Hendri diingatkan agar jaga keharmonisan

id pelantikan wali kota, gubernur sumbar, keharmonisan kepala daerah

Dilantik hari ini, Mahyeldi-Hendri diingatkan agar jaga keharmonisan

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (kanan) melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2024 , Mahyeldi (kiri) dan Hendri Septa (kedua kiri), di Auditorium Gubernuran, di Padang, Sumatera Barat, Senin. (Antara Sumbar/Igoy El fitra)

Padang, (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengingatkan Wali Kota Padang Mahyeldi dan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menjaga keharmonisan dalam menjalankan tugas.

"Kekompakan kepala daerah itu perlu, tidak bisa dipungkiri di Sumbar ada pasangan kepala daerah yang tidak cocok dan harmonis," kata dia di Padang, Senin usai melantik Wali Kota Padang periode 2019-2024.

Menurut Irwan, pihaknya bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit kerap menyelesaikan persoalan ini dan ia berharap kasus serupa tidak terjadi di Padang.

"Saya yakin Pak Mahyeldi dan Pak Hendri bisa kompak, karena ini penting untuk bisa menjalankan amanah sebagai pemimpin secara maksimal," kata dia.

Ia mengatakan jika kepala daerah kompak ibarat bekerja dengan mobil dua penggerak sehingga ada kekuatan ekstra yang turut membantu.

"Jika kepala daerah tidak akur, satu ke kiri satu ke kanan, ketidakkompakan akan menghabiskan energi, waktu dan pikiran sementara pekerjaan tidak ada hasilnya karena kepemimpinan yang rapuh," ujarnya.

Irwan mengatakan jika kepala daerah tidak akur akan berdampak langsung pada kinerja aparatur sipil negara karena ada dua kepemimpinan dan dua matahari yang akan membuat terpecah sampai ke bawah.

Pada sisi lain ia juga mengingatkan agar menunaikan janji selama kampanye yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

"Janji tersebut kemudian dibuat dalam bentuk program dan tentu saja muaranya adalah untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Kemudian ia juga meminta Padang mempersiapkan diri karena dalam beberapa waktu ke depan akan menjadi tuan rumah sejumlah event nasional yang akan banyak dikunjungi tamu dari seluruh Indonesia.

"Dalam waktu dekat ada Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional, kemudian Penas Tani dan MTQ nasional, oleh sebab itu perlu matangkan persiapan," kata dia.