Padang Panjang pantau dan sebarkan informasi harga barang kebutuhan

id Harga kebutuhan pokok,Ramadan

Padang Panjang pantau dan sebarkan informasi harga barang kebutuhan

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, melakukan pemantauan harga barang kebutuhan masyarakat dan menyebarkannya melalui berbagai media yang dikelola pemerintah setempat untuk mengantisipasi gejolak harga yang biasa terjadi saat Ramadan.

"Selama Ramadan harga barang kebutuhan bisa naik sewaktu-waktu. Kami sudah lakukan rapat sebagai persiapan untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga tersebut," kata Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Padang Panjang Putra Dewangga di Padang Panjang, Jumat.

Ia menerangkan dalam langkah pemantauan harga akan dilaksanakan oleh dinas yang terkait yaitu pantauan harga di tingkat produsen dilakukan oleh Dinas Pangan dan Pertanian sementara harga pasar dipantau oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM.

Pantauan harga tidak hanya dilakukan di tingkat produsen atau penjual namun juga membandingkan dengan harga barang setelah sampai pada konsumen.

Informasi harga tersebut selanjutnya diserahkan kepada Sekretariat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat untuk diolah mengenai pergerakan harga yang terjadi.

Pihaknya memberlakukan aturan pantauan harga dari Dinas Pangan dan Pertanian diterima selambatnya pukul 14.00 WIB sementara dari Dinas Perdagkop UKM diterima selambatnya pukul 15.00 WIB.

"Usai pengolahan dan didapatkan hasil penetapan harga maka ada langkah penyebaran informasi harga melalui media yang dikelola pemerintah daerah agar masyarakat mengetahui berapa harga jual barang tertentu," katanya.

Informasi itu diharapkan dapat menjadi patokan bagi pembeli dan penjual ketika melakukan transaksi dan mencegah kenaikan atau penurunan yang signifikan berakibat merugikan pedagang atau pembeli.

"Informasi harga kami sebarkan melalui facebook dan instagram. Serta mulai 13 Mei 2019 harga barang kebutuhan juga ditayangkan melalui videotron. Posisinya strategis di dekat pasar jadi masyarakat bisa melihatnya," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar