Dinas Peternakan Sumbar gelar pasar murah khusus produk peternakan

id Dinas peternakan

Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi (ANTARA /ist)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar sejumlah pasar murah Ramadhan dan menjelang Lebaran 2019 untuk membantu menstabilkan harga pangan salah satunya produk hasil peternakan.

"Sama dengan tahun sebelumnya, kita juga menggelar pasar murah, tetapi khusus untuk produk hasil peternakan," kata Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Erinaldi di Padang, Rabu.

Masyarakat bisa mendapatkan harga yang relatif lebih murah dari pasaran dalam kegiatan tersebut karena pedagang yang berjualan mendapatkan subsidi biaya distribusi.

"Ibaratnya masyarakat dapat harga 'di kandang,' " katanya.

Komoditi yang dijual Dinas Peternakan adalah, daging sapi, ayam dan telur. Khusus untuk ayam, Dinas Peternakan menyediakan cukup banyak, termasuk telur. Sedangkan daging sapi hanya sekitar 200 kg.

"Kalau telur dan ayam kita bisa sediakan selagi masyarakat butuh pada hari pasar murah," katanya.

Diungkapkannya, khusus tahun ini sebenarnya harga daging sapi relatif turun. Hanya saja di pasaran masih mahal.

Diperkirakan nanti di pasar murah daging sapi dijual antara harga Rp110 ribu - 130 ribu/kg, telur dengan harga Rp1.200 per butir dan ayam Rp20 ribu/kg.

Pasar murah ini akan digelar di Kantor Dinas Peternakan Sumbar pada tanggal 28 dan 29 Mei 2019. Selain itu juga disebar pada sejumlah titik di kabupaten/kota.***1***

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar