Tanah Datar peringkat satu PPD Nasional

id Penghargaan Pembangunan Daerah,Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Irdinasyah Tarmizi menerima penghargaan pembangunan daerah dari Presiden Joko Widodo di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (9/5) (Dok. Bagian Humas Tanah Datar)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, meraih peringkat pertama pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Nasional kategori perencanaan dan pencapaian tingkat kabupaten.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Presiden Joko Widodo kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, Kamis.

Bupati Irdinansyah seusai acara menyampaikan ucapkan rasa syukur atas keberhasilan Tanah Datar meraih peringkat satu di tingkat nasional.

"Alhamdulillah di bulan yang berkah ini Tanah Datar dinobatkan sebagai kabupaten terbaik dari 415 kabupaten se Indonesia di bidang perencananaan dan pencapaian, untuk itu patut kita bersyukur kepada Allah atas usaha dan kerjasama semua pihak," Irdinansyah.

Ia mengatakan penghargaan tersebut adalah hal yang membanggakan bagi masyarakat Tanah Datar, karena juga mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional.

"Mudah-mudahan marwah daerah kita bisa terus terangkat dan semakin diperhitungkan dengan kabupaten lain terutama pulau Jawa yang biasanya lebih maju," ujarnya.

Tanah Datar tidak hanya mementingkan perencanaan pembangunan saja tetapi juga pelaksanaannya sesuai yang menjadi indikator penilaian dari Bappenas.

Hal itu telah dibuktikan untuk Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar yang dituangkan dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2016 mendapat prediket Sangat Tinggi (ST) dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan ini merupakan kerja keras Baperlitbang dengan seluruh jajarannya dan OPD terkait sehingga dokumen perencanan bisa selesai tepat waktu.

Ia berterima kasih kepada seluruh OPD, Camat dan Walinagari yang telah mendukung proses perencanaan pembangunan yang dimulai dari bawah dan realisasi pembangunan atas perencanaan yang telah dibuat.

Serta dukungan kerja sama yang baik dengan DPRD Tanah Datar dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Sementara Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Tanah Datar Alfian Jamrah menambahkan capaian ini melalui proses yang panjang mulai dari seleksi di tingkat provinsi hingga nasional.

Tanah Datar sudah tiga kali berturut-turut terbaik di tingkat provinsi hingga berjuang di tingkat pusat. Pada 2018 Tanah Datar meraih peringkat tujuh nasional dan tahun 2017 masuk 14 besar nasional.

"Akhirnya setelah melalui tahapan penilaian yang cukup panjang baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nnasiona kita berhasil meraih peringkat satu kategori kabupaten ditingkat nasional," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar