Satpol PP Pariaman tertibkan PKL di fasilitas umum pasar

id PKL,Pasar Pariaman

Sejumlah anggota Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman, Sumatera Barat masih berjaga di lokasi penertiban agar pedagang tidak kembali, Kamis (9/5). (Antara Sumbar/Aadiaat M. S)

Pariaman (ANTARA) - Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP dan Damkar) Kota Pariaman, Sumatera Barat, menertibkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di fasilitas umum di Pasar Pariaman guna mewujudkan kota yang bersih, aman, dan nyaman.

“Penertiban ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan terhadap pedagang yang melanggar peraturan daerah (Perda)," kata Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Kota Pariaman Elvis Chandra di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan penertiban tersebut dilakukan bersama tim terpadu penegak Perda yang terdiri dari anggota polisi, TNI, dan unit pelakana teknis dinas terkait.

Adapun fasilitas umum yang digunakan oleh PKL tersebut yaitu trotoar, badan jalan, dan pakir.

Ia menyampaikan sebelum memindahkan pihaknya telah menyediakan lokasi berdagang untuk PKL tersebut yaitu Jalan Bagindo Aziz Chan yang merupakan Pasar Pabukoan atau tempat menjual takjil yang lokasinya tidak jauh dari lokasi semula.

Ia menjelaskan alasan lain pihaknya memindahkan PKL tersebut karena lokasi yang lama sering terjadi kemacetan sehingga pedagang perlu ditertibkan.

Ia menyadari penertiban tersebut akan menimbulkan perlawanan dari pedagang namun pihaknya harus menjalankan tugas untuk menegakkan Perda.

"Tapi kami akan berupaya sebaik mungkin berbicara kepada pedagang agar mereka paham," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyidik Pegawai Negeri Sipil Dinas Pol PP dan Damkar Kota Pariaman Siti Mayangsari mengatakan penertiban tersebut dilakukan bukan untuk menghukum atau mencari kesalahan pedagang.

Namun, lanjutnya penertiban tersebut dilakukan bertujuan menciptakan pedagang yang tertib dalam berdagang apalagi saat ini kondisi Pasar Pariaman sedang dalam pembangunan dan juga ada pasar penampungan.

Ia mengatakan sebelum penertiban tersebut pihaknya telah menyosialisasikan agar tidak berdagang di badan jalan dan trotoar di daerah itu serta menyampaikan lokasi yang diizinkan untuk berdagang.

"Bahkan anggota Satpol PP yang bertugas di sana juga memberitahukannya, tapi hal tersebut tidak digubris," katanya.

Bahkan pagi tadi pihaknya telah menertibkan PKL tersebut ke Pasar Pabukoan namun pedagang tersebut kembali ke lokasi sebelumnya sehingga sore ini Dinas Pol PP dan Damkar Kota Pariaman kembali menertibkannnya dan menjaga lokasi.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar