Antisipasi penumpukan sampah, Pemkab Tanah Datar tingkatkan pelayanan kebersihan

id Sampah Ramadan,Tanah Datar

Kondisi di pasar pabukoan Batusangkar. (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, meningkatkan pelayanan kebersihan di daerah itu untuk mengantisipasi penumpukan sampah selama Ramadhan 1440 H.

"Yaitu dengan mengerahkan tim dari becak motor untuk mengelilingi pasar-pasar dan tempat umum untuk mengantisipasi penumpukan sampah selama Ramadhan," Kata Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Desi Trikorina di Batusangkar, Kamis.

Menurutnya meningkatnya produksi sampah disebabkan pola konsumsi masyarakat selama bulan suci Ramadhan serta pedagang musiman yang berjualan makanan dan minuman.

Jika sampah tersebut tidak segera diantisipasi maka dalam waktu dekat akan terjadi penumpukan sampah apalagi di sejumlah tempat pembuangan sampah ilegal yang biasa dibuang di tepi jalan.

Untuk itu, pihaknya akan menyisir sampah tersebut setiap sore hingga malam hari selama Ramadhan dengan target utama pasar-pasar dan tempat penjualan makanan berbuka puasa yang banyak dikunjungi.

Ia akan mengerahkan sebanyak 85 orang petugas kebersihan di daerah itu termasuk petugas dari truk pengangkut sampah.

"Sehingga pelayanan pengangkutan sampah, baik sampah di lingkungan masyarakat maupun sampah di pasar-pasar bisa dilakukan lebih maksimal," Katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempat dan waktu yang telah ditentukan sehingga tidak ada lagi sampah pada pagi hari yang berserakan.

Ia mengatakan pihaknya juga telah membentuk program satu nagari satu bank sampah untuk mengurangi volume sampah dan menghindari tempat pembuangan sampah ilegal di daerah itu.

Program tersebut telah dimulai pada 2017 dan telah terbentuk sebanyak lima bank sampah. Ditargetkan pada tahun ini bertambah sebanyak 15 bank sampah. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar