Pasaman Barat serahkan Rp500 juta untuk bantuan masjid selama Ramadhan

id Bantu masjid

Bupati Pasaman Barat, Syahiran bersama rombongan saat mengunjungi salah satu masjid di Kecamatan Talamau, Rabu (8/5) malam. Tim safari ramadhan itu memberikan sejumlah bantuan ke masjid selama ramadhan 1440 hijriah.

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) membantu Rp500 juta untuk 50 masjid, masing-masing akan menerima Rp10 juta yang diserahkan selama bulan Ramadhan 1440 hijriah.

"Selain bantuan uang yang kita berikan, juga bantuan karpet masjid sebanyak 15 meter setiap masjid," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pasaman Barat, Hendrizal di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan bantuan itu disalurkan melalui beberapa tim safari Ramadhan yang dibentuk. Kunjungan masing-masing tim ke masjid sudah mulai dilakukan sejak Rabu (8/5)," katanya.

Ia menyebutkan jumlah masjid yang akan memperoleh bantuan itu telah melalui survei dan merupakan masjid yang kurang layak serta membutuhkan bantuan.

Kriteria masjid yang dibantu, segi fisik masih belum mamadai menampung jemaah, masjid yang belum pernah memperolah bantuan tahun sebelumnya dan usulan tingkat jorong, nagari dan kecamatan.

"Mudah-mudahan bantuan itu akan memberi manfaat bagi masjid dalam upaya pembinaan umat Islam," katanya.

Ia mengharapkan melalui masjid itu hendaknya bisa menjadi penarik umat Islam untuk kembali belajar dan mengaji, karena selama ini masjid kurang diperhatikan dan cendrung dilupakan.

"Kami juga akan membantu kaum fakir miskin selama Ramadhan menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah. Bantuan tersebut nantinya melalui anggaran Badan Amil Zakat (BAZ). Berapa jumlah penerimanya kami saat ini masih mendata dan dalam waktu dekat akan kami umumkan," katanya.

Berbagai bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Pasaman Barat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar