Padang matangkan persiapan sebagai tuan rumah Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional

id hari kesatuan gerak PKK

Padang matangkan persiapan sebagai tuan rumah Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional

Wali Kota Padang Mahyeldi saat memimpin rapat persiapah HKG-PKK di Padang, Rabu (8/5) (Antara Sumbar/humas)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang mematangkan persiapan sebagai tuan rumah Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) Nasional ke-47 yang akan berlangsung di Padang pada 24 hingga 27 Juli 2019 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

“Padang akan didatangi sekitar 5.000 orang tamu dari Tim Penggerak PKK 34 provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi di Padang, Rabu pada rapat persiapan.

Oleh sebab itu Wali Kota meminta pihak panitia dan unsur SKPD terkait di Pemkot Padang untuk menyiapkan seluruh informasi tentang Kota Padang, terutama program unggulan Pemko Padang yang berhubungan dengan PKK.

Ia menyampaikan pentingnya pelayanan informasi kepada TP-PKK dari provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia pada acara HKG-PKK Ke-47 Tingkat Nasional sebagai bentuk pelayanan terbaik selaku tuan rumah.

"Mulai dari informasi tentang penginapan, transportasi, wisata budaya, wisata kuliner, wisata alam, UKM, pendidikan, perdagangan, dan informasi penting lain tentang Kota Padang akan disiapkan," ujarnya.

“Begitu juga dengan informasi tentang program unggulan dan inovasi Pemko Padang, seperti Kampung KB, Kelas Ibu Muda, Pembinaan Anak Jalanan kerjasama dengan Yonif 133/ Yudha Sakti, Pesantren Ramadhan, Program 18-21, dan program lainnya yang bisa menjadi contoh bagi daerah lain," jelas dia.

Ia menambahkan, panitia pelaksana HKG – PKK tingkat nasional yang direncanakan akan diadakan di kawasan Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol agar melibatkan unsur Forkopimda di setiap tahapan persiapan acara untuk kesuksesan acara di setiap rangkaiannya.

Apalagi, HKG – PKK Tingkat Nasional Ke-47 Tahun akan dibuka langsung Presiden RI, kata dia.

Sebelumnya Ketua Umum Penyelengga HKG-PKK Tingkat Nasional 2019 Alwis menyampaikan Presiden Jokowi dijadwalkan akan hadir untuk membuka puncak HKG-PKK pada 25 Juli 2019, dan makan bajamba di lapangan RTH Imam Bonjol didampingi Kemendagri, Gubernur dan DPRD provinsi, TP PKK pusat, provinsi dan kabupaten/kota, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) se-Indonesia.

Ia menyampaikan kegiatan HKG-PKK ini akan diawali dengan pameran produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK pada Rabu 24 Jul, lomba simulasi 10 program PKK, gala dinner dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba.