Ferrari akan bawa power unit baru ke Barcelona

id ferrari,formula 1,formula one,gp spanyol,sirkuit catalunya

Ferrari akan bawa power unit baru ke Barcelona

Kepala tim Ferrari Mattia Binotto sebelum balapan Grand Prix Azerbaijan di Sirkuit Kota Baku pada 28 April 2019. (REUTERS/ANTON VAGANOV)

Jakarta, (ANTARA) - Ferrari akan membawa power unit baru ke balapan GP Spanyol di Sirkuit Catalunya akhir pekan nanti.

Tim bermarkas di Italia itu akan membawa spesifikasi baru power unit Ferrari ke Spanyol, dua balapan lebih awal dari yang dijadwalkan, ditambah dengan sejumlah perbaikan sasis, demikian laman resmi Formula 1, Selasa malam.

"Kami saat ini tertinggal di kejuaraan dan harus mengejar, yang mana kami tahu itu berarti pekerjaan pengembangan kami akan menjadi kunci di musim ini," kata kepala tim Ferrari Mattia Binotto.

"Setelah membawa paket aerodinamika baru di Baku, kami juga akan membawa sejumlah pengembangan di area tersebut di Barcelona."

Dengan perubahan power unit baru berarti Sebastian Vettel dan Charles Leclerc harus bisa bertahan di 17 balapan tersisa dengan dua power unit dari spesifikasi terakhir atau kembali ke spesifikasi pertama, yang kemungkinan dipakai ke balapan yang tidak membutuhkan tenaga lebih seperti di Monako, Hungaria dan Singapura.

Umumnya, pabrikan mesin menunggu hingga GP Kanada, seri ketujuh di kalender F1, untuk membawa power unit baru karena tambahan tenaga akan sangat berguna di sana.

Balapan di Kanada juga sepertiga dari keseluruhan GP di kalender F1 sehingga menjadi titik aman untuk membawa mesin baru karena setiap tim hanya diizinkan memakai tiga mesin per musim tanpa dikenai penalti.

Sementara balapan di Barcelona menjadi pembuka tur Eropa musim ini. Arena itu juga lebih dekat dengan sebagian besar markas tim pabrikan sehingga mereka bisa memiliki deadline yang ketat untuk membawa suku cadang baru ke trek.

"Shell, dengan kolaborasi dekat dengan tim kami, telah mengembangkan formulasi berbeda dari pelumas balapan yang juga akan dikenalkan bersama power unit baru, untuk meningkatkan performa," kata Binotto.

Keputusan Ferrari itu menyusul performa buruk di awal musim. Hingga balapan keempat, tim Kuda Jingkrak itu terpaut 74 poin dari rival mereka, Mercedes yang berada di puncak klasemen konstruktor.

Musim lalu, Ferrari memimpin empat poin dari Mercedes, jelang GP Spanyol. Namun Lewis Hamilton membawa Mercedes unggul setelah memenangi balapan di Catalunya tahun lalu. (*)