Bendungan Sawah Laweh Pesisir Selatan mampu mengairi 3.300 hektare sawah

id Bendungan Sawah Laweh,pesisir selatan

Bendungan Sawah Laweh di Kecamatan Koto XI Tarusan. (ist) (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Bendungan Sawah Laweh yang berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mampu mengairi 3.300 hektare sawah, kata bupati setempat.

"Seluas 3.300 hektare sawah akan terairi jika bendungan Sawah Laweh beroperasi maksimal," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Selasa.

Hanya saja tambahnya pembangunan bendungan tersebut hingga saat ini masih dalam proses dan diperkirakan selesai pada 2021.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air setempat, Doni Gusrizal menambahkan pembangunan bendungan telah menghabiskan anggaran Rp240 miliar, anggaran tersebut bersumber dari pemerintah pusat.

Hingga 2018 badan bendungan sudah dibangunan, kemudian tahun ini dilanjutkan dengan pengerjaan saluran primer dan pada 2020 hingga 2021 akan dibangun saluran sepanjang 40 kilemeter.

Selain berdampak positif terhadap areal pertanian, bendungan tersebut juga berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Karena setiap libur akhir pekan dan libur nasional banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi karena keindahannya dan situasi tersebut dimanfaakan masyarakat untuk berdagang.

Ia menguraikan sepanjang 2019 ini Dinas PSDA Pesisir Selatan akan menyelenggarakan beberapa kegiatan mulai dari normalisasi 14 sungai, membangun drainase 16 lokasi, rehabilitasi dan pemeliharaan bantaran dan tanggul sungai di 13 lokasi serta pembangunan bronjong pada 6 lokasi.

Berikutnya rehabilitasi jaringan irigasi di sembilan titik yang biayanya bersumber dari dana alokasi ksusus yang terdiri dari irigasi Sawah Rumah Gadang, irigasi Sawah Sumua di Kecamatan Koto XI Tarusan, irigasi Banda Gadang Ngalau Gadang serta irigasi Banda Gadang Koto Ranah Kecamatan Bayang Utara.

Selanjut irigasi Tanah Kareh di Kecamatan Batang Kapas, Lubuak Mato Kuciang di Kecamatan Sutera, irigasi Limau Manih Kulam di Kecamatan Lengayang, serta irigasi Lubuak Cubadak dan irigasi Lagan Gadang Hilia di Kecamatan Linggo Sari Baganti. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar