Jalan nasional di Pasamanbanyak rusak dan berlubang

id Jalan nasional

Kondisi jalan nasional yang rusak (Ist)

Lubuksikaping (ANTARA) - Kondisi jalan nasional di wilayah Pasaman, mulai rusak dan berlubang sehingga para pengendara diimbau berhati-hati karena kedalaman lubang mencapai 15-20 cm yang berpotensi untuk kecelakaan.

Selain dapat membahayakan keselamatan para pengguna jalan rusak tersebut juga bisa mengurangi kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan saat arus mudik dan balik Idulfitri 2019 nanti.

"Ini kan sudah puasa ya, sebentar lagi mau arus mudik. Keberadaan lubang menganga tersebut mengancam keselamatan pengendara. Kita berharap supaya lubang tersebut ditambal oleh instansi terkait," ungkap warga Mukhtar, Senin.

Umumnya, jalan berlubang tersebut berada di tengah ruas jalan. Jika pengendara tidak berhati-hati, maka kemungkinan besar ban kendaraanbisa masuk ke lubang dan bisa alami kecelakaan.

"Dari sejumlah lubang, kerusakan terparah berada di ruas Salibawan, Sungai Sariak, Ampanggadang, Pegang Baru hingga Rao-Muara Cubadak. Aspal jalan sudah terkelupas dan membahayakan pengendara," ujarnya.

Banyaknya lubang di jalan nasional itu, berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Hujan yang kerap turun, diperparah minimpenerangan jalan mengancam keselamatan para pengendara, khususnya sepeda motor.

"Bisa saja karena reflek menghindari jalan berlubang, pengendara banting stir. Karena kondisi jalan licin kena hujan sehingga selip dan terjatuh," terangnya.

Kasatlantas Polres Pasaman, Iptu Julisman, SH, MH mengatakan, kondisi jalan rusak itu akan disampaikan langsung oleh pihaknya kepada Balai Penanganan Jalan Nasional (BPJN) perwakilan Pasaman. Sebab jalur tersebut berstatus jalan nasional.

"Sambil berjalan kami surati orang Balai supaya segera membenahi jalan yang berlubang," katanya.

Ia pun mengimbau para pengendara lebih hati-hati saat melintas di jalan nasional wilayah Pasaman. Pihaknya akan menandai lubang-lubang di jalan dengan cat warna putih. Dengan begitu, diharapkan para pengendara bisa menghindarinya.

"Kerusakan sepanjang jalan nasional dari Kumpulan, Bonjol hingga ke Muara Cubadak, Rao ada beberapa titik jalan rusak dan berlubang. Kami akan koordinasikan agar ditambal segera," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar