Tanah Datar mencanangkan wajib PAUD satu tahun

id Irdinansyah Tarmizi,PAUD

Tanah Datar mencanangkan wajib PAUD satu tahun

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi Senin (6/5). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mencanangkan program wajib PAUD satu tahun di daerah itu sebagai dasar pembangunan manusia berkualitas.

"Kami berusaha merata di semua wilayah di Tanah Datar untuk mengaplikasikan program wajib PAUD Satu Tahun pra SD untuk membangun pengetahuan anak," Kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, di Batusangkar, Senin.

Ia mengatakan komitmen itu untuk meningkatkan kecerdasan dan pembentukan karakter anak sangat besar, apalagi pembentukan SDM masuk kedalam salah satu visi misi daerah.

Ia akan menginstruksikan ke semua wali nagari di daerah itu untuk memberikan insentif kepada guru Paud melalui dana pendapatan nagari, untuk menunjang biaya operasional bagi guru Paud.

"Saya akan instruksikan wali nagari untuk memberikan insentif kepada guru PAUD melalui dana nagari yang sudah disediakan, " ujarnya.

Ia juga meminta kepada orang tua untuk mendukung memberikan pendidikan usia dini kepada anak. Pihaknya juga tengah mengupayakan hal tersebut benar-benar terlaksana.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi, mengatakan pencanangan wajib PAUD Satu Tahun pra SD adalah salah satu pembentukan karakter bagi anak.

Oleh karenanya pencanangan program wajib PAUD Satu Tahun pra SD harus segera terlaksana di Tanah Datar. Pihaknya tengah menyiapkan langkah-langkah untuk program tersebut sematang mungkin.

"Kami bertahap, kita siapkan dahulu Perbub-nya, seandainya tidak bisa tahun ini tahun besok kita usahakan," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar