Pemkab Tanah Tanah Datar berikan penghargaan kepada 98 guru penulis

id guru menulis,Irdinasyah Tarmizi

Ikatan Guru Penulis dan Penggiat Literasi (IGPPL) Tanah Datar foto bersama dengan Bupati Irdinansyah Tarmizi Senin (6/5) (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat, memberikan penghargaan kepada 98 guru penulis di daerah itu atas partisipasinya dalam menerbitkan buku.

Bupati Tanah Datar Irdinasyah Tarmizi di Batusangkar, Senin, mengatakan penghargaan diberikan untuk memacu semangat kepada tenaga pendidik dalam meningkatkan kinerja mereka.

"Jadikanlah menulis itu sebagai hobi yang mengasyikkan, jangan hanya sebagai kebutuhan untuk profesi tetapi menjadi kebutuhan untuk berkarya dalam mewariskan ilmu kepada membaca," katanya.

Ia mengharapkan guru penulis dan penggiat literasi di daerah itu semoga menjadi inspirasi bagi masyarakat, terutama bagi guru-guru lain agar termotivasi untuk terus menulis dan berkarya.

Menurutnya tidak semua guru yang bisa menulis memiliki bakat dalam berkarya. Kendati demikian, Bupati tidak mengharuskan menulis bagi setiap guru, karena menulis dan berkarya memiliki bakat tersendiri.

"Semua guru tentu bisa menulis, tetapi untuk karya-karya tertentu seperti membuat buku seperti ini memiliki bakat tersendiri, "ujarnya.

Ia menyampaikan Pemkab Tanah Datar senantiasa mendukung program dari Ikatan Guru Penulis dan Penggiat Literasi (IGPPL) tersebut, karena hal itu beriringan dengan viai-misi daerah dalam menciptakan SDM yang berkualitas.

"Kita akan mendukung program IGPPL dalam menulis dan literasi. Karena salah satu visi-misi kita adalah menciptakan sumberdaya manusia cerdas dan bermartabat, " ujarnya.

Ketua IGPPL Kabupaten Tanah Datar Yuyu Muliati mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung penuh dan memberikan penghargaan kepada guru yang telah menerbitkan buku.

Penghargaan diberikan kepada 98 orang guru yang telah menciptakan buku hasil kegiatan writing camp kegiatan ke 17 Tanah Datar dan penulis Tanah Datar yang ikut writing camp di Agam.

Ia mengharapkan guru yang tergabung kedalam IGPPL menjadi motivator bagi guru-guru lainnya dan bagi masyarakat untuk meningkatkan minat baca. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar