KPU Kota Padang tuntaskan penghitungan suara di delapan kecamatan

id KPU Padang,rekapitulasi, pemilu 2019,sumbar,Kecamatan Padang Barat, Padang Utara, Padang Timur, Padang Selatan, Nanggalo

Jajaran KPU Padang Panjang menyampaikan hasil penghitungan suara pemilih daerah setempat dalam Pemilu 2019 kepada media, Senin (29/4). (Antara Sumbar/ Ira Febrianti)

Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat, telah merampungkan penghitungan suara di delapan kecamatan yang ada di kota tersebut yakni Kecamatan Padang Barat, Padang Utara, Padang Timur, Padang Selatan, Nanggalo, Bungus Teluk Kabung, Pauh dan Lubuk Kilangan.

Komisioner KPU Kota Padang Yusrin Trinanda di Padang, Minggu mengatakan proses rekapitulasi di tingkat kota ini masih menyisakan tiga kecamatan lagi yakni Kecamatan Koto Tangah, Kuranji dan Lubuk Begalung.

"Ketiga kecamatan tersebut memiliki jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang cukup banyak sehingga ditinggalkan di akhir. Besok kita akan lanjutkan penghitungan dan hari ini kita liburkan dulu," tuturnya.

Ia mengatakan proses rekapitulasi suara di tingkat Kota Padang telah dilakukan sejak tanggal 1 Mei 2019 dan direncanakan berakhir pada Minggu (5/5)

"Hari ini kita tidak lakukan penghitungan dan akan dilanjutkan besok untuk tiga kecamatan tersisa," ucapnya.

Ia mengatakan selama pelaksanaan penghitungan yang digelar di Gedung Bepelkes Kesehatan Sumbar, tidak ada persoalan berarti yang membuat proses penghitungan tertunda.

"Ada persoalan terkait data pemilih dan langsung kita samakan persepsi sehingga proses penghitungan dapat terus berjalan," imbuhnya.

Menurut dia, besok akan dilakukan rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi di tingkat Kota Padang setelah penghitungan tiga kecamatan ini tersisa selesai dilakukan .

Kemudian pihaknya menunggu apabila ada pihak yang mengajukan sengketa pemilu ke Bawaslu dan dilakukan proses sesuai aturan perundang-undangan.

"Jika sengketa telah selesai atau tidak ada sengketa pemilu baru kita plenokan penetapan hasil pemilu," kata dia.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar