Sambut Ramadhan pelajar Pasaman Barat bersihkan masjid

id Bersihkan masjid

Pelajar MTs Negeri 4 Pasaman Barat bersihkan masjid dan musholla menjelang Ramadhan, Minggu (5/5/2019).

Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Ratusan pelajar Madrasah Tsnawiyah Negeri 4Pasaman Barat, Sumatera Barat, membersihkan lima masjid dan musholla di sekitar sekolah mereka dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Selain ajang edukasi dan peduli lingkungan, membersihkan masjid ini diharapkan mampu meningkatkan kecintaan siswa terhadap mushalla dan masjid.

Kepala Sekolah Mts Negeri4,Pasaman Barat, Syamsul Bayan di Simpang Empat, Minggu (5/5) mengatakan bersih masjid itu rutin digelar menjelang bulan suci Ramadhan. Selama kegiatan, siswa dan guru membersihkan pekarangan dan bagian dalam masjid dan mushalla.

Pihak sekolah sengaja memilih tempat ibadah sekitar sekolah untuk memupuk hubungan antara sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar. Sebab selama aktivitas belajar mengajarbanyak siswa yang menggunakan sarana ibadah sekitar dan berbaur dengan masyarakat sekitar.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat bahkan di beberapa mushalla, masyarakat ikut serta membantu membersihkan pekarangan mushalla.

Pihak sekolah berharap kegiatan itu bisa menjadi contoh bagi siswa dan diterapkan di lingkungan tempat tinggal mereka. Sehingga mereka termotivasi untuk memasyarakatkan dan membersihkan masjid sebagai wujud suka cita menyambut bulan suci Ramadhan.

Di sisi lain taharah masjid dan mushalla ini bisa meningkatkan keimanan siswa kepada Allah dan akrab dengan masjid.

Ia berharap kegiatan itu bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar terutama dari segi kebersihan masjid dan tempat ibadah.

"Mudah-mudahan bermanfaat. Selain pendidikan akademik, siswa juga diajarkan praktek di lapangan dan kegiatan sosial," katanya.

Idel (30), anggota masyarakat, mengaku sangat bangga dengan aksi tersebut.

"Sekolah tidak hanya peduli pendidikan akademik, tetapi juga pendidikan sosial dan lingkungan," katanya.*
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar