Bupati Hendrajoni akan hadiri prosesi Balimau Paga di Painan

id Pesisir Selatan

Bupati Hendrajoni akan hadiri prosesi Balimau Paga di Painan

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar /Didi Someldi Putra)

Pesisir Selatan (ANTARA) - Bupati Pesisir SelatanSumatera BaratHendrajoni dijadwalkan menghadiri prosesi balimau paga dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah di Nagari Painan, Minggu (5/5).

"Prosesi balimau paga merupakan rutinitas masyarakat Pesisir Selatan setiap akan masuknya bulan suci ramadhan, tak terkecuali pejabat daerah dan besok minggu bupati dijadwal menghadiri prosesi balimau paga di Nagari Painan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi di Painan, Sabtu.

Ia menambahkan tahun ini pemerintah kabupaten juga mengutus beberapa pejabat untuk mengikuti kegiatan serupa atas nama bupati.

Sekretaris Daerah Kabupaten setempat, Erizon akan mengikuti acara balimau paga di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai.

Berikutnya Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar akan menghadiri balimau paga di Nagari Taratak Sungai Lundang dan Kepala Dinas Perikanan di Nagari Mandeh yang keduanya sama-sama berada di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Acara Balimau Paga di Nagari Bungo Pasang, Kecamatan IV Jurai dihadiri oleh Kepala Dinas Pangan dan di Kecamatan Batang Kapas dihadiri Kepala Bapeda Litbang.

Selanjutnya acara Balimau Paga di Nagari Lakitan Utara, Kecamatan Lengayang dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Berikutnya, prosesi balimau paga di Nagari Palangai Kecamatan Ranah Pesisir dihadiri Kepala Dinas Perhubungan dan yang terakhir balimau paga di Nagari Inderapura dihadiri Kepala Dinas Koperindag Pesisir Selatan.

Pada umumnya prosesi balimau paga akan dimulai dengan tari pasambahan untuk menyambut tamu undangan.

Seterusnya sambutan dari tokoh masyarakat dan ceramah agama, dan yang terakhir mengusapkan air yang telah disiapkan oleh pihak ibu-ibu yang familier dengan sebutan bundo kanduang.

Air tersebut diletakan di dalam wadah dan mengeluarkan aroma wangi, aroma tersebut berasal dari kembang yang dicampurkan ke dalamnya.
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar