Pertamina salurkan CSR Rp80 miliar di Sumbar sejak 2016

id Pertamina

VP CSR SMEPP Pertamina Agus Mashud (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang Pariaman, (ANTARA) - PT Pertamina mencatat telah menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau bentuk tanggungjawab sosial perusahaan sebesar Rp80 miliar di Sumatera Barat sejak 2016 atau minimal Rp20 miliar setiap tahunnya.

VP CSR SMEPP Pertamina Agus Mashud di Padang, Sabtu mengatakan dana CSR tersebut tersebar di berbagai program mulai mitra binaan hingga bina lingkungan dan tentunya berdampak langsung bagi masyarakat Sumatera Barat.

Menurut dia, Sumatera Barat merupakan kawasan yang unik dan memiliki berbagai potensi pariwisata mulai dari laut, danau, lembah, gunung, bangunan sejarah dan lainnya. Selain itu Sumbar memiliki masyarakat yang terkenal gigih dalam berusaha terutama di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Pertamina akan melanjutkan program-program di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Termasuk pengembangan UMKM dengan sistem kluster yaitu di setiap daerah memiliki kerajinan yang berbeda dengan daerah lainnya,” kata dia

Ia mengatakan Pertamina fokus untuk menjadikan CSR yang mereka miliki sebagai CSR yang berkelas dunia dan tepat sasaran baik dalam pengembangan bidang pendidikan seperti memberikan bantuan peralatan komputer di SMAN 1 Padang Pariaman.

Dalam bidang kesehatan contohnya di Posyandu Sehati Pungguang Kasiak yang menjadi binaan posyandu binaan Pertamina untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan pembangunan toilet umum bagi masyarakat.

Kemudian bidang lingkungan dan pemberdayaan yakni berupa pembangunan kawasan mangrove di Desa Apar Kota Pariaman dan Pertamina juga bekerja sama dengan masyarakat sekitar mewujudkan jalur pejalan kaki bagi masyarakat yang ingin menikmati keindahan kawasan hutan tersebut.

Setelah itu konservasi penyu yang juga berada di Desa Apar Kota Pariaman juga merupakan binaan Pertamina. Lokasi tersebut saat ini sudah menjadi destinasi wisata bersamaan dengan kawasan hutan mangrove dan juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Kita evaluasi seluruh CSR yang diberikan dan tentunya program binaan akan terus kita lanjutkan sehingga dampaknya dapat dirasakan maksimal oleh masyarakat,” kata dia.

Ia mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan rapat tahunan bidang CSR yang dipusatkan di Kota Padang. Pihaknya mengumpulkan seluruh karyawan dan pekerja di CSR Pertamina dari seluruh Indonesia untuk mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan.

“Apabila ada masukan lain yang bersentuhan dengan empat pilar Pertamina yakni bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan dan lingkungan tentu akan kita bantu,” kata dia.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar