Pemkot Solok imbau masyarakat jaga ketentraman jelang puasa

id Ramadhan

Kabag Humas Kota Solok, Nurzal Gustim. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) -

Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat setempat menjaga ketentraman dan keamanan di sekitar tempat tinggal dalam menyambut bulan puasa 1440 Hijriah beberapa hari lagi.

"Masyarakat Solok diharapkan memenuhi masjid untuk beribadah dan menyempurnakan ibadah-ibadah sunnah seperti tarawih dan witir," kata Wali Kota Solok, Zul Elfian melalui Kabag Humas setempat Nurzal Gustim di Solok, Jumat.

Ia juga menyebutkan agar pengusaha makanan dan minuman siap saji untuk tidak berjualan di siang hari sepanjang Ramadhan 1440 Hijriah guna menjaga suasana kekhusukan dalam menjalankan ibadah puasa.

"Begitu juga dengan pengusaha kafe hiburan dan restoran agar menghentikan aktivitas," ujarnya.

Jika masih ada pedagang dan pengusaha kafe atau restoran yang bandel, maka akan ditertibkan oleh tim gabungan Satpol PP setempat.

Ia juga mengajak masyarakat untuk meramaikan tempat ibadah dan memakmurkan masjid dengan membaca Al Quran.

Selain itu, Wali Kota juga mengimbau generasi muda untuk menjaga ketertiban malam ramadhan dengan tidak membunyikan petasan dan meriam bambu terutama di kawasan yang berdekatan dengan tempat ibadah.

"Waspadai risiko kebakaran dengan memastikan listrik dan api kompor dalam keadaan aman, pastikan mengunci pintu sebelum berangkat ke masjid, dan tetap awasi kalau ada pendatang baru. Laporkan kalau ada gerak-gerik mencurigakan," ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Solok, Reinier juga mengatakan untuk menjaga stabilitas laju inflasi, masyarakat dianjurkan menjaga pola konsumsi sepanjang bulan puasa. Karena, meskipun bulan puasa masyarakat cenderung konsumtif.

"Mari kita berbelanja dengan bijak dan sesuai kebutuhan, sehingga laju inflasi tetap bisa ditekan sehingga harga tetap stabil," ujarnya.

Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak membeli makanan secara berlebihan atau mubazir sehingga menyia-nyiakan bahan makanan jika tak termakan.

Pihak pemerintah setempat akan melaksanakan kunjungan yang disebut tim safari ramadhan ke beberapa masjid di Kota Solok dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dan memberitahukan program strategis pembangunan di berbagai bidang.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar