BPJS Ketenagakerjaan Solok Salurkan JKK Rp120 Juta

id BPJS Ketenagakerjaan

Kepala kantor BPJS ketenagakerjaan Cabang Solok Azhar (tiga kanan) foto bersama dengan penerima santunan kecelakaan kerja, Kamis. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Padang Aro (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Solok menyalurkan santunan kecelakaan kerja sebesar Rp120 juta.

"Santunan ini merupakan tanggung jawab kami kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan apabila terjadi kecelakaan kerja terhadap pekerja dan ini merupakan bentuk tanggung jawab kami kepada peserta maupun ahli waris pekerja," kata Kepala Kantor BPJS ketenagakerjaan Cabang Solok Azhar, di Solok, Kamis.

Santunan yang diberikan saat peringatan hari buruh ini kepada dua orang ahli waris dari pekerja Tumarno karyawan PT Bina Pratama Sakato Jaya (PT BPSJ) unit Kiliran Jao sebesar Rp56,9 juta.

Selanjutnya kepada kepada Hendra Putra juga karyawan PT BPSJ unit Kiliran Jao.

Dia berharap, pemberian santunan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran dari pelaku usaha dan para pekerja tentang pentingnya manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sesuai amanat UU Nomor 24 Tahun 2011 BPJS Ketenagakerjaan selaku Badan Penyelenggara Jaminan Sosial wajib memberikan perlindungan terhadap risiko sosial ekonomi yang mungkin dialami oleh tenaga kerja.

Sejak 1 Juli 2015 BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan empat Program yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).

Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan dikategorikan Penerima Upah (PU) dan Bukan Penerima Upah (BPU).

Penerima santunam Hendra Putra menyampaikam rasa terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas kepeduliannya dan telah sangat membantu tanpa mempersulit prosesnya.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk BPJS Ketenagakerjaan, yang telah membantu dari mulai melakukan pengajuan, prosesnya tidak dipersulit, dan terbilang cepat, semoga dana ini bisa membantu saya dan keluarga," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar