Pesisir Selatan akan bangun jembatan penunjang Pantai Carocok

id Pantai Carocok,Pariwisata Pesisir Selatan,Hendrajoni

Pesisir Selatan akan bangun jembatan penunjang Pantai Carocok

Wisatawan memadati dermaga penyebrangan menuju Pulau Cingkuak pada libur lebaran 2018. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan membangun dua unit jembatan sebagai upaya untuk menunjang pengembangan objek wisata di daerah itu.

"Kedua jembatan akan dibangun di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan yang merupakan salah satu destinasi andalan daerah kami," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni ketika berkunjung ke objek wisata tersebut, Minggu.

Sesuai rencana, tambahnya jembatan itu akan dibangun melalui anggaran dari pemerintah pusat pada 2020.

Jembatan pertama akan menghubungkan Batu Kereta dan Pulau Cingkuak, dan jembatan kedua akan menghubungkan Muara Painan dan Batu Tembak.

Pihaknya memperkirakan pembangunan kedua jembatan akan menelan anggaran hingga Rp16,5 miliar, meski anggarannya besar namun ia yakin dampaknya juga akan sangat besar untuk kemajuan dunia pariwisata setempat.

"Nanti semua titik di Pantai Carocok Painan akan terintegrasi satu sama lain, tentu hal ini akan membuat wisatawan leluasa menikmati keindahannya," katanya lagi.

Saat ini untuk bisa ke Pulau Cingkuak dari Batu Kereta wisatawan mesti menggunakan jasa kapal wisata dengan menghabiskan waktu lebih kurang 10 menit.

Karena mesti menggunakan jasa kapal wisata akhirnya tidak semua wisatawan yang berani berkunjung ke Pulau Cingkuak terutama mereka yang tidak bisa berenang dan berbagai alasan lainnya.

Padahal Pulau Cingkuak menawarkan keindahan yang luar biasa, di lokasi wisatawan bisa bermain pasir yang putih, berenang sembari menikmati keindahan ikan kecil dan terumbu karang.

Berikutnya bisa menikmati wahana permainan air seperti seperti banana boat, speed boat dan lainnya serta lokasi semakin menarik dengan adanya reruntuhan benteng Portugis.