RSUD M Zein Painan adopsi pelayanan daring Budhi Asih Jakarta

id Sutarman

RSUD M Zein Painan adopsi pelayanan daring Budhi Asih Jakarta

Direktur Rumah Sakit M Zein Painan, Sutarman. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Manajemen RSUD M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengadopsi sistem pelayanan daring di RSUD Budhi Asih Jakarta dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

"Di RSUD Budhi Asih Jakarta sudah diterapkan pelayanan daring, kami tertarik mengadopsi hal itu karena memudahkan pelayanan pada pasien," kata Direktur RSUD M Zein Painan Sutarman di Painan, Senin.

Ia menambahkan layanan daring tersebut berupa aplikasi yang bisa diunduh di gawai masing-masing.

Selain bagi pasien aplikasi tersebut juga memudahkan manajemen rumah sakit karena lebih memudahkan memantau stok obat, jumlah pelayanan dan lainnya.

"Data merupakan poin penting bagi manajemen dalam mengambil keputusan dan melalui aplikasi tersebut dalam satu sentuhan semua data dalam hitungan singkat bisa kami ketahui," kata dia.

Pihaknya memperkirakan pada Agustus tahun ini aplikasi tersebut sudah bisa digunakan masyarakat dan saat ini pengadaannya masih proses tender.

Melalui aplikasi tersebut masyarakat yang ingin mendapat berbagai layanan bisa mendapat nomor antrean secara online.

Mengatahui tindakan-tindakan medis yang akan dijalani, mengetahui dokter yang akan melayani hingga estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

"Inovasi ini sengaja kami kembangkan sehingga masyarakat yang berdomisili agak jauh dari rumah sakit, atau memiliki rutinitas tinggi bisa terbantu dengan adanya aplikasi," sebutnya.

Ia menyebut selain aplikasi dalam jaringan, berbagai inovasi terus dikembangkan di rumah sakit setempat, di antaranya kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, menyediakan ruang bermain anak dan lain sebagainya. (*)