Bawaslu Dharmasraya kawal ketat rekapitulasi suara hingga kabupaten

id pemilu

Bawaslu Dharmasraya kawal ketat rekapitulasi suara hingga kabupaten

Koordinator Devisi Pengawasan, Humas, Hubungan Antar-Lembaga Bawaslu Dharmasraya, Laila Husni. (ANTARA SUMBAR/ Ilka Jansen)

Pulaupunjung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), memastikan mengawal penghitungan suara pemilu legislatif dan presiden 2019 hingga tingkat kabupaten untuk mencegah terjadinya kecurangan.

"Pengawasan kami lakukan mulai dari proses rekap di kecamatan sampai dengan pengiriman logistik kembali ke gudang KPU," kata Koordinator Devisi Pengawasan, Humas, Hubungan Antar-Lembaga Bawaslu Dharmasraya, Laila Husni di Pulau Punjung, Minggu.

Menurut dia pengawasan dilakukan sebagai antisipasi terjadinya penggelembungan maupun penyusutan perolehan suara oleh peserta pemilu.

Di samping itu, kata dia pengawasan untuk meluruskan setiap indikasi ketidaksesuaian selama proses rekapitulasi berlangsung.

"Misalnya terjadinya perdebatan antara peserta pemilu dan penyelenggara saat proses penghitungan, disini bawaslu dapat meleluruskan sesuatu hal tersebut agar prosesnya berjalan sesuai ketentuan," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan setiap petugas pengawasan wajib mendokumentasikan dan memegang salinan C1 di seluruh TPS.

"Data pengawasan di TPS lalu kita sandingkan dengan rekapitulasi KPU, sehingga disini fungsi kontrol akan tetap berjalan," ujar dia.

Bawaslu Dharmasraya juga menempatkan petugas pengawas yang bekerja selama 24 jam di gudang penyimpanan logistik pemilu sampai proses rekap kabupaten selesai, tambah dia.

Sementara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, menyatakan penghitungan suara tingkat kecamatan di daerah itu tuntas selesai dilakukan pada Sabtu (27/4).

Secara keseluruhan tahapan rekapitulasi di tingkat kecamatan berjalan dengan lancar, hal itu ditandai dengan tidak adanya pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di daerah itu.

"Kami menjadwalkan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten yang direncanakan dilaksanakan Selasa (30/4)," kata Koordinator Divisi Teknis Dan Penyelenggara KPU Dharmasraya, Adriadi.***2***

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar