Tahun ini, Pesisir Selatan peroleh bantuan 26 unit alat mesin pertanian

id alat mesin pertanian

Alat mesin pertanian (alsintan) berupa hand traktor. (Antara/Khaerul Izan)

Painan, (ANTARA) - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan menerima 26 unit alat mesin pertanian (alsintan) untuk menunjang produktivitas petani di daerah itu.

"Tahun ini terdapat 26 unit alsintan yang akan didistribusikan ke Pesisir Selatan, 21 unit merupakan anggaran dari pokok pikiran anggota DPR RI, dan sisanya dari anggaran DAK Kementerian Pertanian," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Alfriyendri di Painan, Sabtu.

Ia menjelaskan alsintan dari pokok pikiran anggota DPR RI tersebut terdiri dari 10 unit mesin pemanen padi, tiga unit mesin perontok jagung dan delapan unit mesin perontok padi.

Sementara anggaran DAK Kementerian Pertanian hanya mencakup lima unit mesin perontok padi.

Ia melanjutkan alsintan tersebut akan diserahkan ke kelompok tani yang telah memenuhi syarat dan diserahkan dalam waktu dekat.

"Kelompok tani perima benar-benar kami seleksi sehingga bantuan tepat sasaran, salah satu syaratnya ialah kepengurusan masih aktif, memiliki areal dan lainnya," kata dia.

Sebelumnya, Bupati setempat, Hendrajoni mengungkap bahwa sepanjang 2018, petani di kabupaten itu menerima 405 unit alsintan dari pemerintah pusat.

Alsintan tersebit terdiri dari 106 unit traktor roda dua, 11 unit traktor roda empat, 61 unit pompa air, sembilan unit mesin penanam padi, 12 unit mesin pengolahan tanah, 116 alat semprot, empat unit mesin panen dan 86 unit mesin penanam jagung.

Jika dirupiahkan, maka Pesisir Selatan mendapat lebih kurang Rp10 miliar dari pembelian alsintan itu.

Menurutnya disalurkan ratusan alsintan merupakan bentuk kepercayaan pemerintah pusat kepada daerah setempat mulai dari ketepatan penyaluran hingga pemanfaatannya. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar