Pelopor sepak bola di AS akhirnya menyerah melawan kanker

id Jimmy Banks,US Soccer

Pelopor sepak bola di AS akhirnya menyerah melawan kanker

Jimmy Banks , anggota tim sepak bola AS di Piala Dunia 1990 Italia yang meninggal dunia dalam usia 54 tahun, Jumat (26/04/2019) setelah berjuang melawan penyakit kanker pankreas (US Soccer)

Jakarta (ANTARA) - Jimmy Banks, pelopor tim sepak bola nasional AS, akhirnya meninggal pada Jumat (26/4) dalam usia 54 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker pankreas.

Seperti dikutip Reuters, pria kelahiran Milwaukee tersebut, bersama rekannya Desmond Armstrong, menjadi keturunan Afrika-Amerika pertama yang terpilih sebagai pemain inti untuk tim Piala Dunia 1990 di Italia.

Banks dua kali tampil di Piala Dunia 1990 tersebut, yaitu saat dikalahkan tuan rumah Italia 0-1 dan menyerah 1-2 kepada Austria. Secara keseluruhan, pemain di posisi bertahan itu telah tampil untuk tim nasional AS sebanyak 36 kali.

"Seluruh anggota keluarga sepak bola AS menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian Jimmy Banks," demikian disampaikan Presiden Federasi Sepak Bola AS Carlos Cordeiro dalam pernyataannya.

"Saat ini, tidak banyak pemain keturunan Afrika-Amerika yang bergabung dengan kelompok elit sepak bola, dan kehadiran Jimmy di Piala Dunia 1990 telah menginspirasi negeri berikutnya," katanya.

"Keberadaanya sewaktu menjadi pemain, pelatih dan mentor, akan selalu dikenang olahraga sepak bola negeri ini, terutama usaha tanpa kenal lelah untuk mengembangkan sepak bola melalui program sepak bola di perkotaan."