Pilkades serentak untuk 32 desa di Kota Pariaman digelar Minggu

id Pilkades Serentak,Kota Pariaman

Ilustrasu (Antara Kalteng/Norjani)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat, menjadwalkan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak untuk untuk 32 desa dari 55 di daerah itu pada Minggu (28/4) dengan jumlah pemilih 27.019 orang.

"Pemilihan dimulai dari pagi hingga pukul 13.00 WIB, lalu dilanjutkan penghitungan suara," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Pariaman Effendi Jamal di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan pada hari itu warga akan memilih pemimpinnya dari 115 calon kepala desa yang mana dari ratusan calon itu empat di antaranya perempuan.

Untuk melancarkan Pilkades serentak tersebut pihaknya membentuk 71 tempat pemungutan suara (TPS) yang akan dibuka dari pagi hingga pukul 13.00 WIB.

"Setelah itu pihak penyelenggara menghitung suara dan hasilnya akan dikirim ke kecamatan," katanya.

Ia mengatakan logistik Pilkades telah disiapkan dan hari ini akan didistribusikan ke kantor desa masing-masing.

Dalam pendistribusian dan pengamanan di kantor desanya, lanjutnya pihaknya akan dibantu dubalang desa bekerjasama dengan kepolisian setempat.

"Kami berharap panita dapat netral agar tercipta Pilkades yang jujur dan adil," ujarnya.

Sebelumnya Walikota Pariaman, Genius Umar menunjuk kepala dan sekretaris organisasi perangkat daerah (OPD) di kota tersebut sebagai pejabat sementara (pjs) kepala desa.

"Sebanyak 32 desa akan melaksanakan pemilihan kapala desa serentak usai Pemilu 2019," kata dia di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan sebelum pemilihan serentak tersebut dilaksanakan pihaknya meletakkan orang-orang yang memiliki kemampuan yang baik untuk mengelola pemerintahan desa.

Hal tersebut karena memimpin desa bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi dana desa yang besar dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar