Personel polisi Pasaman siaga dengan senjata lengkap amankan PPK

id Polisi

Personel polisi Pasaman siaga dengan senjata lengkap amankan PPK

Wakapolres Pasaman, Kompol A Yani Pasaribu (Tiga dari Kiri) bersama personel pengamanan saat berkunjung ke PPK Panti. (Ist)

Lubuksikaping (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman, masih menyiagakan sejumlah personel bersenjata lengkap untuk mengamankan proses rekapitulasi penghitungan suara ditingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) di wilayah itu.

Sekitar 10-15 personel polisi dibantu TNI, Perlindungan Masyarakat (Linmas), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) masih dikerahkan untuk menjaga kelancaran proses rekapitulasi.

Wakil Kepolisian Resor (Wakapolres) Pasaman, Kompol A Yani Pasaribu di Lubuksikaping, Kamis mengatakan, rekapitulasi suara di tingkat PPK di Kabupaten Pasaman hampir selesai. Meski demikian perekapan masih mendapatkan pengamanan ekstra ketat dari aparat kepolisian setempat.

"Ini untuk mengantisipasi dan mengamankan kelancaran proses rekapitulasi ditiap PPK," kata Kompol A Yani Pasaribu saat meninjau pengamanan di setiap PPK.

Ia mengatakan, peninjauan tersebut untuk memastikan anggotanya bersiaga penuh mengamankan proses rekapitulasi.

"Kita beri pengarahan, dan meminta setiap anggota yang berjaga untuk terus bersiaga serta meningkatkan kewaspadaan, mengantisipasi terhadap segala bentuk gangguan dari orang tidak bertanggungjawab," katanya.

Personel bersenjata lengkap, kata dia, tetap dikerahkan di setiap PPK, untuk menciptakan rasa aman di tengah di masyarakat dalam setiap tahapan rekapitulasi penghitungan suara pemilu.

"Alhamdulillah sampai saat ini kondisi proses rekapitulasi masih aman dan kondusif. Belum ditemukan adanya ancaman gangguan keamanan dalam proses Pemilu 2019," katanya.

Langkah pengamanan yang dilakukan, merupakan bagian dari upaya antisipasi terhadap segala bentuk ancaman, dan upaya untuk menciptakan rasa aman di tengah masyarakat.

Dia menghimbau kepada masyarakat, dan para tim sukses untuk turut menjaga kedamaian, keamanan, dan kondusifitas di wilayah itu selama proses rekapitulasi suara Pemilu 2019.

Polisi, kata dia, akan terus mengawal proses rekapitulasi hingga seluruh rangkaian proses Pemilu 2019 selesai. Ia berharap proses perhitungan suara di tingkat PPK berjalan aman dan lancar hingga akhirnya nanti di KPU RI.

"Kami akan menjaga supaya petugas di dalam PPK itu menjadi aman, karena yang kita jaga itu pertama kotak suaranya, kedua petugasnya, ketiga rangkaian kegiatan tersebut sehingga semuanya aman dan nyaman, itu tujuan kita," ujar Kompol A Yani.