UPTD Kemetrologian Padang Panjang sosialisasikan penggunaan UTTP

id UPTD Kemetrologian

UPTD Kemetrologian Padang Panjang sosialisasikan penggunaan UTTP

UPTD Kemetrologian Padang Panjang, menyosialisasikan ukur takar timbang dan perlengkapannya (UTTP) kepada pelaku usaha di daerah setempat. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kemetrologian Padang Panjang, Sumatera Barat, menyosialisasikan ukur takar timbang dan perlengkapannya (UTTP) kepada pelaku usaha di daerah setempat.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Padang Panjang Rio Akhdhanelly di Padang Panjang, Kamis, mengatakan sosialisasi dilakukan sebagai upaya memberikan perlindungan bagi konsumen.

Para pelaku usaha yang menjadi peserta sosialisasi diharapkan mengetahui dan memahami penggunaan alat ukur takar timbang dan pelengkapannya sehingga dalam penggunaannya tidak merugikan konsumen.

Menurutnya saat ini dalam melayani konsumen diperlukan kecepatan dan ketepatan termasuk di dalamnya ketepatan dalam ukuran.

Untuk memastikan keinginan konsumen tersebut terpenuhi diperlukan jaminan ketepatan pengukuran disertai ketertiban dan kepastian hukum penggunaan satuan ukur, metode dan peralatan yang digunakan.

"Kami harap peserta sosialisasi mengikuti dengan baik informasi dari Badan Standarisasi Metrologi Legal I Medan yang memberikan sosialisasi," katanya.

Ia menilai pemahaman yang baik dari pelaku usaha terhadap alat ukur, takar, timbang termasuk dalam salah satu penentu maju dan ramainya sebuah pasar.

"Ketepatan penggunaan alat ukur oleh pelaku usaha bisa menentukan maju atau mundurnya pasar. Bagi pedagang di Pasar Pusat diharapkan menjadi perhatian dalam melayani konsumen," katanya.