2021, Padang Pariaman targetkan konsumsi ikan per orang 43 kilogram/tahun

id Konsumsi Ikan ,Target Konsumsi Padang Pariaman

Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar Jonpriadi (kanan) mengambil makanan berbahan ikan saat pelaksanaan lomba masak serba ikan di Parit Malintang, Padang Pariaman, Rabu (24/4). (Antara Sumbar / Aadiaat M. S)

Padang Pariaman  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, menargetkan konsumsi ikan per orang di daerah itu 43 kilogram per tahun pada 2021.

"Saat ini konsumsi ikan per orang di Padang Pariaman hanya 36 kilogram per tahunnya, sedangkan rata-rata nasional 40 kilogram per tahun," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi saat pelaksanaan lomba masak serba ikan di Parit Malintang, Padang Pariaman, Rabu.

Padahal, katanya, Padang Pariaman memiliki potensi untuk meningkatkan konsumsi ikan karena memiliki panjang pantai 41 kilometer dengan produksi ikan tangkap pada 2018 mencapai 23 ribu ton.

Selain laut, kata dia, Padang Pariaman juga memiliki perairan yang potensial untuk budi daya ikan yang mana produksinya pada 2018 mencapai 58 ribu ton.

"Potensinya besar cuma realita konsumsinya masih rendah," ujar dia.

Oleh karena itu, lanjutnya, konsumsi ikan di Padang Pariaman perlu ditingkatkan karena protein dari salah satu hewan laut itu dibutuhkan untuk pertumbuhan otak.

Ia mengatakan agar potensi tersebut dapat digunakan dengan maksimal pihaknya mendorong warga untuk mengkreasikan makanan yang bahannya dari ikan.

"Tujuanya agar warga tertarik dan meningkatkan konsumsi ikan," katanya.

Ia menyampaikan untuk meningkatkan imajinasi warga dalam mengkreasikan makanan maka pihaknya menyelenggarakan lomba masak dari bahan baku ikan.

"Ada tiga kategori yang kami lombakan, yaitu makanan keluarga, balita, dan panganan," ujarnya.

Diharapkan dengan adanya lomba tersebut maka dapat meningkatkan minat warga untuk mengkonsumsi ikan yang selama ini masih rendah. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar