Pemko Pariaman dorong desa fasilitasi warga ikuti pelatihan

id pelatihan

Pemko Pariaman dorong desa fasilitasi warga ikuti pelatihan

Puluhan kepala desa dan lurah se-Kota Pariaman, Sumbar mengikuti pelatihan tenaga kerja berbasis dana anggaran dana desa dan dana kelurahan di Balai Latihan Kerja Padang, Selasa (23/4). (ANTARA SUMBAR / Istimewa)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk memfasilitasi warga untuk mengikuti pelatihan guna mengurangi pengangguran di daerah itu.

"Kami ingin perintahaan desa dan lurah mau menggali potensi daerah dan melatih warga dengan keterampilan," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pariaman Alfian di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan untuk memberikan pemahaman kepada pemerintahan desa dan kelurahan pihaknya mengajak pihak 71 kepala desa dan lurah untuk mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) Padang pada Selasa kemarin.

Dengan memberikan pemahaman tentang program yang ada di BLK tersebut maka diharapkan kepala desa dan lurah dapat menggali potensi yang ada di daerah dan memfasilitasi pelatihan kepada masyarakat yang masih menganggur.

Ia menyampaikan dengan memfasilitasi warga untuk pelatihan sehingga mereka menjadi produktif dan secara bertahap akan mengurangi pengangguran di Kota Pariaman.

Terpisah Kepala BLK Padang, Syamsi Hari mengatakan pihaknya membuka kejuruan sesuai dengan kebutuhan industri.

"Kami juga mempersiapkan masyarakat untuk industri 4.0 yang berkiblat pada teknologi," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan membantu untuk melaksanakan pelatihan sesuai dengan permintaan pemerintah desa dan lurah asalkan sejalan dengan program pusat. (*)