Bupati Solok minta kader PKK bantu cegah stunting melalui 10 program andalan

id Gusmal

Bupati Solok Gusmal saat menyerahkan piala bergilir juara jambore PKK se-Kabupaten Solok, Selasa (23/4). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera BaratGusmal meminta kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk membantu mencegah stuntingmelalui 10 program pokok PKK di daerah itu.

"Dengan memaksimalkan 10 program PKK untuk mencegah stunting, terutama program pangan dalam penyediaan bahan makanan dari pekarangan dan peternakan sendiri, kemudian sandang sebagai pemenuhan kebutuhan dasar, dan kesehatan (cara memelihara kesehatan diri, keluarga dan lingkungan)," katanya saat penutupan Jambore PKK se-Kabupaten Solokdi KotoBaru, Selasa.

Ia berharap nantinya masing-masing kecamatan memiliki satu nagari binaan untuk penanganan masalah stunting, termasuk TP-PKK Kabupaten setempat juga akan memiliki satu nagari binaan.

"Mari lakukan penanganan masalah stunting sejak dini, dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada remaja putri di Solok," katanya.

Ia juga meminta para kader meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dalam pembangunan KB dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK serta memotivasi kader untuk terus meningkatkan kinerja sebagai petugas di lapangan.

Jambore bertujuan untuk memantapkan pelaksanaan kegiatan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta keluarga berencana dalam rangka pencegahan stunting di daerah setempat.

Jambore dilaksanakan selama empat hari dan diikuti oleh 400 orang kader PKK dan KB berprestasi dari 14 kecamatan.

Selain itu, dengan adanya kader PKK ini diharapkan dapat memajukan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat sekitar.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Desnadefi Gusmal, menyatakan apresiasi untuk seluruh peserta jambore yang telah melaksanakan kegiatan jambore dimulai dari 20 sampai 23 April 2019.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antara seluruh tim penggerak PKK se Solok," ujarnya.

Ia berharap seluruh anggota kader PKK dan ketua TP PKK dapat bekerja maksimal dalam memajukan PKK daerah sampai tingkat nasional.

"Peserta Juara I jambore kader PKK dan IMP ini akan mewakili Kabupaten Solok untuk tingkat provinsi Sumatera Barat pada 17 Sampai 20 April 2019 yang akan datang," sebutnya.

Juara jambore PKK dan IMP KB berprestasi tingkat Kabupaten Solok 2019 dimenangkan oleh Kecamatan Lembang Jaya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar