Gerakkan perekonomian masyarakat, Mufidah Kalla minta promosikan produk IKM

id IKM,Batik,Jusuf Kalla

Gerakkan perekonomian masyarakat, Mufidah Kalla minta promosikan produk IKM

Mufidah Jusuf Kalla meninjau pameran IKM di Kementerian Industri, Selasa. (Afut syafril)

Jakarta, (ANTARA) - Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla meminta masyarakat Indonesia mempromosikan produk-produk dalam negeri khususnya industri kecil dan menengah (IKM).

"Kita harus mempromosikan kerajinan dari Indonesia, karena ini yang akan menggerakkan perekonomian masyarakat," kata Mufidah ketika meninjau pameran IKM di Gedung Kementerian Perindustrian Jakarta, Selasa.

IKM merupakan penggerak ekonomi yang berbasis kerakyatan. Para pelaku IKM membuka kesempatan lapangan kerja dalam menjalankan unit usahanya.

Hingga saat ini tercatat lebih dari 4,4 juta unit usaha IKM atau mencapai 99 persen dari seluruh unit usaha Industri di Indonesia.

Pameran IKM di Kementerian Perindustrian tersebut dibuka mulai 23 April sampai 26 April 2019. Sementara itu, Ketua Penyelenggara Pameran Yanti Isfandiary Airlangga menyampaikan pameran tersebut akan dikemas dengan nuansa adat Minang.

"Tidak hanya memamerkan produk IKM tetapi juga akan dimeriahkan dengan pameran busana karya perancang busana lokal ternama di Indonesia, " katanya.

IKM sendiri telah menyerap tenaga kerja sebanyak 10,5 juta orang atau 65 persen dari total tanaga kerja sektor industri secara keseluruhan.

Pameran tersebut menampilkan sebanyak 54 pelaku IKM dari seluruh Indonesia. Gerai terbanyak mayoritas menjual kain tenun dan batik dari pelosok Nusantara. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar