Petani di Padang Panjang ikuti bimtek penanganan dan pengolahan cabai di Bogor

id Bimtek Petani Cabai

Petani di Padang Panjang ikuti bimtek penanganan dan pengolahan cabai di Bogor

Petani cabai di Padang Panjang mengikuti bimtek pengolahan cabai di Balitbang Pascapanen, Bogor. (Dok. Dinas Pangan dan Pertanian)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mengirim 10 petani cabai daerah itu untuk mengikuti bimbingan teknis penanganan dan pengolahan cabai di Bogor, Jawa Barat.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Syahdanur dalam keterangannya diterima di Padang Panjang, Selasa, mengatakan bimbingan tersebut kerja sama pemerintah setempat dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian.

Bimbingan bagi para petani cabai tersebut berlangsung sejak 22 hingga 26 April 2019 di Balitbang Pascapanen dan diikuti juga oleh petani cabai dari Provinsi Banten yang merupakan binaan Bank Indonesia Perwakilan Banten.

Menurutnya, bimtek yang diikuti selama lima hari itu diharapkan menjadi pengetahuan tambahan bagi petani agar dapat meningkatkan nilai jual cabai.

Dalam bimtek tersebut para petani akan diberi informasi mengenai cara pengolahan cabai yang memiliki nilai jual lebih tinggi dengan daya simpan lebih lama.

Bentuk pengolahannya dapat berupa saos cabai, cabai kering, cabai blok dan minyak cabai.

"Saat produksi melimpah dan harga cabai turun, kami harap para petani bisa mengambil langkah pengolahan cabai seperti yang akan diajarkan dalam bimtek agar tetap mendapatkan keuntungan dari kondisi tersebut," ujarnya.

10 orang petani cabai dari Padang Panjang yang menjadi perwakilan dalam kegiatan itu diharapkan sesampainya kembali di daerah dapat menerapkan pengetahuan yang diperolah dan membagikan ilmu tersebut pada petani lain di kelompok tani masing-masing. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar