PKK Pariaman bentuk koperasi tingkatkan perekonomian anggota

id Pkk

PKK Pariaman bentuk koperasi tingkatkan perekonomian anggota

Ketua TP PKK Kota Pariaman, Sumbar Lucyanel Arlym. (Antara Sumbar / Aadiaat M.S) (ANTARA SUMBAR/Aadiaat)

Pariaman (ANTARA) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pariaman, Sumatera Barat membentuk koperasi guna meningkatkan perekonomian anggota organisasi tersebut dan dasawisma di daerah itu.

"Kami samakan persepsi anggota tentang koperasi dulu, kalau sudah sama baru dibentuk," kata Ketua TP PKK Kota Pariaman Lucyanel Arlym di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan persamaan persepsi tersebut telah dimulai beberapa hari yang lalu melalui pelatihan dan penyuluhan bersama Dinas Perindustrian Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman.

Persamaan persepsi tentang koperasi tersebut perlu dilakukan mulai dari anggota PKK tingkat kota, kecamatan, hingga dasawisma untuk tingkat desa.

"Pertama anggota koperasinya dari tingkat kota dulu, nanti dilanjutkan ke kecamatan dan dasawisma," katanya.

Diharapkan dengan PKK memiliki koperasi maka kerajinan tangan atau produksi kreatif yang diproduksi oleh anggota dapat dengan mudah diperomosikan dan dijual ke masyarakat luas.

"Kami berupaya agar dapat memberdayakan anggota PKK dan dasawisma di Kota Pariaman," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat memprogramkan revitalisasi PKK kota itu guna meningkatkan peran organisasi tersebut kepada masyarakat.

"PKK Pariaman nanti akan mengurangi kegiatan soremonial," kata Walikota Pariaman Genius Umar saat membuka Jambore PKK Berprestasi tingkat Kota Pariaman 2019 di Pariaman, Sabtu (13/4).

Ia mengatakan pihaknya lebih menekankan kepada PKK untuk melaksanakan kegiatan subtansial yang langsung berdampak kepada masyarakat. *